Dengan Motto “Polisi Sahabat Anak” Polres Pasbar Lakukan Seleksi Pocil Tahun ke 4

0
93
Polres
Pasaman Barat | AndoraNews : Dalam rangka mengasah keterampilan anak-anak dalam baris berbaris, serta sikap disiplin saat usia dini, taat berlalu lintas dan mendidik revolusi mental anak, Polres Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), adakan seleksi Polisi Cilik (Pocil) angkatan ke Empat yang bertempat di Lapangan bola volly Mapolres Pasbar. Rabu, (1/11/2023).

Kegiatan penjaringan Pocil Polres Pasbar tahun 2024 tersebut dihadiri oleh, Kasat Lantas Polres Pasbar, IPTU. Irsyad, Kanit Gakum, IPDA. I Nababan, Kanit Turjagwali, IPDA. Edwar Lumban Gaol, Kanit Ditkamsel, AIPTU. Hariyon, serta AIPDA. Joni Abrar bersama para pelatih.

Kapolres Pasbar, AKBP. Agung Basuki melalui Kasat Lantas Polres Pasbar, IPTU. Irsyad Fathur Rachman kepada Andoranews mengatakan, seleksi Pocil terhadap anak Sekolah Dasar tersebut dilakukan bertujuan untuk mewakili Polres Pasbar yang akan bertanding di Polda Sumbar sebagai agenda tahunan.

Disamping itu, Pocil tersebut nantinya juga akan dilatih dan dibentuk karakternya, sehingga menjadi generasi yang mampu menjaga kedisiplinan, etika dan moral sehingga menjadi generasi muda yang tangguh dan berbakti sejak usia dini.POLRES

“Dengan motto “Polisi sahabat anak” penjaringan Pocil ini bukan semata untuk persiapan bertanding saja, akan tetapi bagaimana anak-anak ini nantinya menjadi orang yang baik dan berbudi pekerti mulia. sehingga diharapkan teman-temannya bisa mencontoh dan melihat, bahwa Polisi itu adalah sahabat anak-anak yang tidak perlu ditakuti,”jelasnya.

Irsyad Menambahkan, pendidikan karakter anak tidak hanya dilakukan sebatas fisik dan baris berbaris saja, namun juga bisa menggali potensi anak yang meliputi, ilmu pengetahuan, ketaqwaan, seni, etika maupun kedisiplinan agar menjadi contoh di lingkungan kehidupannya sehari-hari.

“Selain pendidikan baris berbaris, kepada anak-anak juga akan kita tanamkan kedisiplinan, ketaqwaan, sopan-santun, seni, dan etika sehingga nantinya dapat menjadi anak-anak yang mampuni yang akan menjadi pemimpin masa depan yang profesional dan berkualitas,”pungkas Kasat Lantas itu.

Diterangkan, seleksi tersebut diikuti oleh ratusan anak dari 6 Sekolah Dasar. Sementara jumlah anak yang lolos seleksi, hanya 45 orang anak dari gabungan 6 sekolah yang berpartisipasi mengikuti seleksi tersebut.

“Dari 6 sekolah yang mengikuti seleksi, masing-masing sekolah mengutus 30 sampai 40 orang siswa/siswinya. Adapun persyaratannya yaitu, mendapatkan persetujuan dari orang tua, sehat fisik dan masuk dalam rengking 10 besar disekolahnya,”pungkas Irsyad.

Ditambahkan lagi, 45 orang anak yang terpilih tersebut, nantinya akan kita berikan informasi untuk progres kedepannya, sementara untuk pelatihannya rencananya akan kita lakukan satu kali dalam dua Minggu.POLRES

“Bagi adik-adik yang terpilih nantinya akan menjadi duta Pocil Pasbar 2024. Dari itu diharapkan giat dan semangat dalam latihan, bagi yang belum terpilih diharapkan jangan berkecil hati karena kita hanya membutuhkan 45 orang,”harap Irsyad.

Usai seleksi dilaksanakan, terlihat Kanit Ditkamsel, Aiptu Hariyon bersama para Kanit yang lainnya memberikan motivasi terhadap anak-anak yang lulus seleksi. Mereka menyampaikan, agar semua Pocil yang lulus seleksi untuk dapat menjaga kesehatan, dan harus mempunyai mental juara, karena yang diinginkan bukanlah juaranya, tetapi prestasinya.

“Mari jaga kesehatan, giat dalam latihan dan kita niatkan dengan yakin kita bisa berprestasi, karena dengan berprestasi kita pasti akan memperoleh juara,”pinta para Kanit dan pelatih kepada Pocil terpilih.

Sebelum acara usai, terlihat kekompakan yang luar biasa antara anggota Pocil yang lama atau angkatan ke 3 dengan adik-adiknya Pocil angkatan ke 4 yang baru terpilih tersebut, yang dilanjutkan dengan makan bersama sambil bersendau gurau dengan para pelatih dan kakak pembina dari Satlantas Polres Pasbar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini