Erianto jadi Inspektur Apel. HAB Pasaman Barat Sukses

0
22
Erianto
Pasaman Barat | AndoraNews : Apel peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 tingkat kabupaten di halaman Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Simpang Empat, Rabu (3/1) lancar dan khitmat. Ketua DPRD setempat, Erianto, dinobatkan menjadi inspektur apel, puncak peringatan HAB ke-78 tingkat kabupaten.

Selain ketua DPRD Pasaman Barat, yang dinobatkan menjadi inspektur apel dengan keluarga besar Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, puncak peringatan HAB ke-78 tingkat Pasaman Barat, juga dihadiri Kapolres, Agung Basuki, Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Ketua Pengadilan Agama Talu Pasaman Barat, pimpinan lembaga perbankan, dan undangan.

Dan selain Aparatur Sipil Negara (ASN) se jajaran Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, yang menjadi peserta apel akbar peringatan HAB ke-78 tingkat Pasaman Barat adalah para pensiunan jajaran Kantor Kementerian Agama se Pasaman Barat, kepala bersama majelis guru madrasah negeri dan swasta, kepala bersama jajaran KUA se Pasaman Barat, ketua bersama anggota organisasi di lingkungan Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat.

Ketua DPRD Pasaman Barat, Erianto, bertindak menjadi inspektur apel tingkat kabupaten. Menteri Agama RI, Yaqut Chalil Qoumas, melalui amanat tertulisnya, menyampaikan, semarak peringatan HAB tahun ini, kondisinya berbeda dengan kegiatan serupa di tahun lalu. Tahun 2024 adalah tahun politik, ditandai dengan digelarnya pesta demokrasi, dilaksanakan serentak secara nasional, hingga ke pelosok negeri, seperti di Pasaman Barat.

Pada kesempatan yang sama, jelas Menteri, dikutif Ketua DPRD Pasaman Barat, pemerintah memberikan piagam Satyalancana Karya kepada ribuan PNS yang mengabdi di Kementerian Agama, termasuk di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, dan Pasaman Barat, lebih khusus.

Di tahun politik saat ini, tegas Menteri Agama, seluruh ASN se jajaran Kementerian Agama secara nasional, tetap berada dalam posisi netral. Tanpa berpihak kepada salah satu partai politik (Parpol) maupun terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, terhadap calon anggota legislatif yang ada.

“Segenap aparatur di lingkungan Kementerian Agama se Indonesia harus netral. Berkaitan dengan hak pilih atau suara yang disalurkan, adalah hak pribadi setiap aparatur Kementerian Agama masing-masing”, tegas Yaqut Chalil Qoumas, seperti dikutip Ketua DPRD Pasaman Barat, Erianto.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, mengakui, sesuai edaran Menteri Agama, ditindaklanjuti pada rapat kerja Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat dengan kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat, dijelaskan, pelaksanaan gebyar HAB Kementerian Agama tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.ERIANTO

Berhubung 2024 adalah tahun politik, peringatan HAB ke-78 tidak digelar gerak jalan kerukunan. Hal ini, menghindari kesalahpahaman atau salah tafsir dalam warna kostum yang dipakai setiap peserta. Jika kostumnya berwarna merah, tentuk mirip dengan warna kostum partai PDIP dan partai PSI. Jika kostumnya berwarna kuning, tentu mirip dengan warna kostum partai Golkar, dan sebagainya.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, ulas Rali Tasman, maka semarak hari lahirnya Kementerian Agama, tidak digelar olahraga gerak jalan kerukunan, sebagai hari keakraban keluarga besar Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, baik secara internal maupun terhadap lintas sektoral.

Segenap keluarga besar Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, pihaknya, mengucapkan Dirgahayu Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia yang ke–78. Suksesnya apel HAB hari ini, tidak terlepas dari konsep terbangunnya komunikasi, koordinasi, kolaborasi, kerjasama dan sinergitas semua pihak.

Usai apel, keluarga besar Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, melaksanakan acara resepsi ulang tahun , juga di halaman Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Simpang Empat. Resepsi HAB ke-78 diiringi iringan musik dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Pasaman Barat, Simpang Empat, yang dipimpinnya kepala madrasah itu, Yelliza Gusti.

Di kegiatan resepsi HAB ke-78 tingkat Pasaman Barat, dilaksanakan penyerahan piagam dan hadiah kepada pagawai berprestasi, sesuai bidang dan cabang yang diikuti. Penyerahan piagam itu dilaksanakan Kepala Kantor, Rali Tasman, Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, para Kasi, sekaligus penyerahan bingkisan kepada para pensiunan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat. (gmz)

IKLAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini