Festifal Ronggiang se Pasaman Barat

0
91
Festifal
Pasaman Barat | AndoraNews : Festifal Ronggiang se Pasaman Barat yang digelar oleh Dinas Pariwisata Pasbar, yang dilaksanakan di zona ekonomi kreatif Nagari Aua Kuniang kecamatan Pasaman kabupaten Pasbar pada tanggal 23 november 2023 berlangsung cukup meriah dan sukses.

Festifal yang dibuka langsung oleh Wabup Pasbar, H. Risnawanto, selain dihadiri oleh Wakil DPRD Pasbar, Dalyus K juga terlihat Kepala Dinas Pariwisata Pasbar, H. Decky H. Sahputra dan beberapa tokoh masyarakat termasuk pemuda setempat serta tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Pasbar, H. Risnawanto, SE. dalam sambutan dan sekaligus membuka secara resmi festival tersebut, juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pariwisata sebagai pelaksana dan juga ucapan terimakasih kepada Dalyus yang telah mengangkat event ini melalui dana aspirasinya yang disalurkan ke Dispar Pasbar, hingga melalui kolaborasi ini terangkat seni ronggeng Pasbar.

Risnawanto menyampaikan, Pasbar yang terdiri dari multi eknik hingga memiliki banyak seni tradisional yang perlu diangkat dan dikembangkan memang membutuhkan adanya kerjasama pihak-pihak terkait.

“Semoga ke depan, seni tradisional lainnya seperti gordang sambilan, kuda kepang dan reog sebagai akar-akar budaya yang ada di Pasbar ini juga dapat dilirik, ditumbuh kembangkan, hingga upaya pelestariannya dapat terus terjaga,” harapnya.FESTIFALFESTIFALFESTIFALFESTIFALFESTIFALFESTIFAL

Risnawanto berharap, melalui berbagai event pagelaran budaya, akhirnya masyarakat Pasbar dapat mengenal dan mencintai kesenian yang ada di kabupaten tuah basamo ini.

“Perlu kita ingat, dalam pagelaran atau festival budaya seperti ronggeng yang kita laksanakan hari ini, kita tidak mencari kalah atau menang, tapi intinya, kita ingin mengangkat dan mengenalkan kepada masyarakat, bahwa Pasbar adalah negeri yang kaya dengan berbagai kesenian tradisionalnya,” pesan Risnawanto.

Decky, saat ditemui oleh media ini di lokasi festival menyampaikan, festival ini selain bertujuan untuk mengangkat seni tradisional yang ada di Pasbar, juga sebagai upaya dalam melestarikan kegiatan seni tradisional agar dapat tumbuh dan berkembang dan dicintai oleh masyarakatnya, hingga ke depan tak hilang ditelan perkembangan zaman.

Decky juga berharap, melalui berbagai even – event yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata selama ini, hendaknya mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Sementara Wakil ketua DPRD Pasbar, Dalyus K menyampaikan, kegiatan ini senggaja diselenggarakan melalui dana Pokirnya atau dana aspirasinya yang disalurkan melalui DPA Dinas Pariwisata.

“Kita berharap, berbagai seni tradisional yang ada di Pasbar, apa pun bentuknya semoga dapat kita jaga dan lestarikan,” terang Dalyus.

Peliput (Akhir)
Editor (Zoelnasti)
Admin (Saipen Kasri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini