Gubernur Sumbar, Mahyeldi Lakukan kunjungan ke Nagari Giri Maju

0
15
Gubernur Sumbar
Giri Maju | AndoraNews : Gubernur Sumbar, Mahyeldi melakukan kunjungan ke Nagari Giri Maju Kecamatan Luhak Nan Dua Kabupaten Pasaman Barat Senin (5/2/2024).

Dalam kunjungan tersebut Gubernur Sumbar yang akrab di sapa Buya didampingi oleh Kepala Disnakertrans Sumbar, Nizam Ul Muluk, Kepala Disnak Keswan Sumbar, Sukarli, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Sumbar, Jumaidi, dan bagian asset prov sumbar termasuk sejumlah pejabat lainnya di lingkup Pemprov Sumbar serta beberapa sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Pasbar.

Pada kesempatan itu terlihat juga hadir, Camat Luhak Nan Dua, Sutrisno dan Pj. Wali Nagari Giri Maju,Ratna beserta perangkat, termasuk Pimpinan dan Anggota Bamus Giri Maju, tak ketinggalan tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan kaum perempuan serta Keltan se Giri Maju.

Gubernur dalam sambutannya, Sangat bangga dan apresiasi terhadap aktifitas masyarakat Giri Maju, terutama saat diskusi terkait anjloknya pertumbuhan Alpukat Nagari Giri Maju yang sebelumnya pernah jaya bahkan telah ikut andil sebagai pemasok Kebutuhan Sea Games beberapa tahun lalu.

Terkait anjloknya perkembangan dan pertumbuhan Pokat tersebut terutama dalam beberapa tahun ini masyarakat trauma dengan adanya Hama Kutu Putih yang menyerang tanaman Pokat mereka.

Tanaman alpukat Giri Maju yang sempat menjadi primadona bukan saja di Kecamatan Luhak Nan Duo, atau di Sumbar bahkan sudah mendunia, kini mulai redup karena banyak diserang hama kutu putih. Ini jadi penyebab utama, menurunnya kuantitas dan kualitas alpukat Giri Maju.

Menanggapi hal tersebut, Mahyeldi meminta kepada dinas terkait untuk segera mempelajari dan mengevaluasi serta mencarikan solusi bagaimana mengatasi serangan hama kutu Putih tersebut.

Mahyeldi meminta jajaran dinas terkait di Pemprov Sumbar dan Pasbar untuk segera turun mencarikan solusi atas persoalan yang mendera petani alpukat di nagari Giri Maju ini.

“Saya minta, masalah ini segera dicari solusinya. Selain itu, masalah mesin pengolahan yang rusak, itu juga harus segera di tindaklanjuti,” Ujar Mahyeldi di sela-sela diskusi tersebut.

Selain berdiskusi terkait perkembangan ekonomi masyarakat dan perkembangan pendidikan, Mahyeldi juga berkesempatan meresmikan Gudang Pabrik Produksi Alpukat di Nagari Giri Maju.

Gubernur juga berharap, kualitas dan kuantitas produk alpukat di Kecamatan Luhak Nan Duo kembali di tingkatkan.

Untuk itu,kembali Mahyeldi menekankan, agar berbagai persoalan yang dirasakan petani Giri Maju saat ini harus segera ditemukan solusinya.GUBERNUR SUMBAR

Perhatian serius perlu diberikan, sambung Mahyeldi, karena produk alpukat di Nagari Giri Maju kualitasnya sangat bagus.

Bahkan, sudah pernah mengisi kebutuhan alpukat pada perhelatan Sea Games. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika produk alpukat tersebut tidak dipertahankan kualitas dan kuantitasnya.

Di sela-sela kunjungan Gubernur Sumbar, Mahyeldi sore itu di Giri Maju, terlihat keseriusan Mahyeldi saat menyaksikan proses pengolahan alpukat di Gudang Pabrik Produksi Alpukat di Nagari Giri Maju.

Pada kesempatan itu Mahyeldi kembali menyampaikan dan menekankan kepada dinas perkebunan dan dinas terkait lainnya untuk sesegera mungkin mencarikan solusi terbaik agar persoalan penurunan produksi alpokat secepatnya diatasi.

“Saya minta dalam minggu ini sudah jelas langkah-langkah yang akan diambil untuk mengatasi persoalan yang mendera petani kita di sini. Termasuk untuk hilirisasi produk alpukat,” ungkap Mahyeldi.

Mahyeldi juga minta aga dinas terkait untuk tetap berkoordinasi dengan dinas yang ada di kabupaten Pasaman Barat, sebab Gubernur tidak ningin perkebunan alpukat yang cukup luas dan sempat menjadi primadona ini tenggelam oleh serangan hama kutu putih.

Apa lagi dari hasil diskusi dengan masyarakat tadi terungkap penurunan kuantitas produksi mencapai 60 persen.

Makanya nasyarakat sangat berharap, pemerintah dapat membantu mencarikan solusinya.

“Potensi al Pokat ini harus dikembangkan sebaik-baiknya. Untuk itu jangan lupa, segera jalin komunikasi dengan dinas terkait di Pemkab Pasbar, terutama dalam mempersiapkan hilirisasi produk alpukat,” ujar Mahyeldi.

Pada kesempatan itu Masyarakat Giri Maju melalui media ini menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Gubernur beserta jajaran, termasuk kesediaan Gubernur untuk menindaklanjuti masalah yang sedang mereka hadapi saat ini di Giri Maju, terutama adanya intruksi Gubernur yang akan membangun produk hilirisasi alpokat di Giri Maju.

Kunjungan rombongan Gubernur Sumbar, sore itu diakhiri dengan foto bersama.

(Zoelnasti)

IKLAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini