Humas Pemerintah, Penting, Lincah dan Bisa Menulis

0
52
Humas Pemerintah
Pasaman Barat – Keberadaan Humas Pemerintah di setiap lembaga, baik instansi pemerintah, swasta maupun unit kegiatan di tengah masyarakat, penting. Di instansi pemerintah, Humas bukan sekedar pelengkap struktur organisasi, tapi penting dan menentukan.

Hal ini disampaikan, Pranata Humas Ahli Muda Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Gusmizar, dalam bincang Humas di ruang kerjanya, Simpang Empat, Rabu (1/11).

Khusus bagi pelaku Tim Humas di lingkungan Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, tanggal 7 Oktober 2023 lalu, telah dilaksanakan Pembinaan Kehumasan, menghadirkan Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, waktu itu dijabat, Helmi.

Pembinaan kehumasan waktu itu, dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, para Kasi dan Penyelenggara Zakat Wakaf, Asriwan, diikuti 35 praktisi Humas Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat.

Humas pemerintah, kata Gusmizar, seperti di jajaran Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, harus eksis sekaligus mampu mengamankan kebijakan, mengekspos program kerja dan mengangkat citra lembaga, madrasah atau KUA.

Sebagai corong pemerintah, ingat aktivis Pers di Pasaman Barat itu, tugas Humas instansi pemerintah bersama timnya adalah menelaah, menganalisa sekaligus mengimbangi informasi yang salah dengan yang positif, selanjutnya memberi pemahaman kepada masyarakat.

Kepala Kantor, diwakili Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, menjelaskan, Kementerian Agama, khusus di Pasaman Barat mengajak insan media dah Humas Kementerian Agama, apakah di madrasah atau KUA, agar melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara profesional”, kata Sufrinas.

Dalam melaksanakan tugas dan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, Humas dan Timnya wajar, pantas dan tidak salah, kalau yang bersangkutan bisa menjalin kemitraan dengan wartawan atau insan pers yang ada.

Terkenal atau tidaknya dan dikagumi atau tidak suatu instansi, termasuk swasta dan organisasi yang ada, tidak terlepas dari peran Humas di institusi yang bersangkutan. Karena itu, sudah menjadi hal penting, jika eksistensi Humas bersama timnya profesional.

Selain itu, pimpinan di institusi bersangkutan, juga terus mendukung program kerja Humas bersama timnya. Humas bersama timnya harus ditempatkan sebagai corong informasi, serta menjadi mediator antara institusi bersangkutan dengan publik, tambah Sufrinas. (gmz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini