Kegiatan MASTA Sebagai Persiapan Pengkaderan Darul Arqam Dasar

0
71
MASTA
Simpang Empat | AndoraNews : Kegiatan MASTA sebagai persiapan pengkaderan Darul Arqam Dasar di akhir tahun 2023 ini dilaksanakan oleh IMM Pasbar.

Kegiatan Masa Ta’aruf (MASTA) yang diperuntukan bagi calon kader IMM Pasbar tersebut dilaksanakan di Komplek Perguruan SMP Al Azhar Muhammadiyah Sukamenanti Simpang Empat Pasaman Barat pada Ahad (12/11) dengan jumlah peserta 21 orang.

Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pasaman Barat, Denni Meilizon kepada Ajoandoranews di sela -sela kegiatan tersebut.

Menurutnya, hal ini merupakan bukti nyata keseriusan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Pasaman Barat dalam melaksanakan berbagai program yang telah dan akan dilaksanakan.

Kita di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pasaman Barat, selalu mengikuti dan memantau kegiatan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Pasaman Barat.

“kali ini terbukti, Pimpinan Cabang IMM Pasbar terus berbenah dan melangkah dengan program rekrutmen calon-calon kader Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Kabupaten Pasaman Barat. upaya tersebut terlihat dari terselenggaranya Masa Ta’aruf (MASTA) bagi calon kader IMM Pasaman Barat yang diadakan di Komplek Perguruan SMP Al Azhar Muhammadiyah Sukamenanti Simpang Empat Pasaman Barat pada hari ini (Ahad,12/11/2023). Demikian antara lain disampaikan oleh Denni Meilizon pada sambutannya.

Harapan Denni, agar kegiatan – kegiatan Ta’aruf dapat menemukan padanan yang sesuai dengan tujuannya yakni, menguatkan ikatan, mengeratkan hubungan di antara para calon kader dengan kader Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM), hendaknya kegiatan Ta’aruf ini dapat terus berkelanjutan.

“Jangan kemudian malah jadinya tiarap setelah Ta’aruf. Harfiahnya Ta’aruf dikenal dalam konteks pernikahan, Yakni menyatukan dua insan lain jenis, ke dalam ikatan pernikahan, untuk membentuk lembaga keluarga/rumah tangga. Kita ambil ibrohnya, untuk konteks kelanjutan perjuangan IMM sebagai ortom Muhammadiyah bidang Kemahasiswaan. Mahasiswa yang akademis, intelek, memperjuangkan tujuan Muhammadiyah dan Negara Republik Indonesia,” papar Denni.

Dikatakannya, Pemateri yang mengisi kegiatan MASTA kali ini antara lain, Sekretaris PD Muhammadiyah Kab. Pasaman Barat, Abror Lisman, Wakil Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Pasaman Barat, Denni Meilizon dan Ketua MPKSDI PDM Kabupaten. Pasaman Barat, Aditia Pratama.

Pada kesempatan itu terlihat juga hadir, Gusmizar dari FOKAL IMM Daerah Sumatera Barat, dan Harapan dari FOKAL IMM Pasaman Barat, serta Tri Tegar Marinduri Ketua PC IMM Pasbar periode 2019 – 2023, bersama Ketua PC IMM Pasbar periode 2023 – 2024 terpilih, Alwi Septian serta jajarannya, termasuk Ketua Komisariat IMM di berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Pasaman Barat.

Sementara itu, Ketua PC IMM Pasaman Barat priode 2023 – 2024, Alwi Septian yang didampingi Sekretarisnya, Soffan dan Bendahara PC IMM, Pasbar, Nasrul Hadi, menyampaikan, pihaknya akan terus melakukan penguatan kader di tiap komisariat dan hal ini akan menjadi prioritas selama masa periodenya.MASTA

“Kita bawa semangat IMM kepada kawan – kawan Mahasiswa di kampus – kampus se – Pasaman Barat. IMM yang membawa misi mencerdaskan, humanis dan edukatif dalam mencetak aktifis akademis dan intelektual,” jelas Alwi.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia MASTA, Arif Rusman memaparkan kepada media Ajoandoranews, bahwa kegiatan MASTA merupakan tahap awal yang kemudian akan dilanjutkan nanti ke jenjang pengkaderan Darul Arqam Dasar (DAD).
“InsyaAllah, DAD akan kita laksanakan setelah PC IMM Pasbar ini dikukuhkan oleh PD IMM Sumatera Barat pada 26 November 2023 mendatang,” terang Arif.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris PDM Kabupaten Pasaman Barat, Abror Lisman, ia siap mendukung dan menyambut baik setiap langkah – langkah yang diambil untuk menguatkan ortom IMM Pasaman Barat ini.

“IMM merupakan ortom yang mengakomodir kekuatan dan potensi Mahasiswa kita. Muhammadiyah berkomitmen terus membina kadernya, menuntun arah mewujudkan tujuan Muhammadiyah itu sendiri yakni, mewujudkan Islam yang sebenar – benarnya,”terang Abror.

Sementara, pada kesempatan itu, Abdul Azis salah seorang Mahasiswa STAI YAPTIP yang menjadi peserta MASTA menyebutkan, ia sangat mengapresiasi kegiatan ini, makanya ia dan beberapa rekannya begitu antusias untuk mengikuti keseluruhan materi acara hingga tuntas.

“Kita secara serius mengikuti seluruh materi yang diberikan, meski materinya padat, tapi kita banyak mendapat informasi dan ilmu dalam kegiatan ini, terutama menambah wawasan dan referensi tentang kemahasiswaan, kemuhammadiyahan dan keorganisasian mahasiswa di Indonesia,” terang Azis.

Sementara Gusmizar, sebagai FOKAL IMM Sumatera Barat pada kesempatan itu berharap, pergerakan IMM di Pasaman Barat hendaknya terus maju dan berkembang, hingga keberadaannya kembali menguat dan diperhitungkan.

“Tentu hal ini akan dapat tercapai, bila adanya pendampingan dan dukungan dari senior alumni IMM di Pasaman Barat, bila adik – adik kita ini diberi ruang untuk kreatif, maka hubungan dinamis tersebut akan melahirkan ide gagasan dalam upaya membesarkan IMM di Pasaman Barat,”harap Gusmizar.

(Zoelnasti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini