Kejati Kepri Raih Penghargaan Penanganan Perkara Tata Ruang

0
21
Kejati Kepri
FOTO Untuk AndoraNews : Kajati Kepri, Rudi Margono (kiri), saat menerima penghargaan dari Dir. PPR
TANJUNGPINANG | AndoraNews : Kejati Kepri raih penghargaan penanganan perkara Tata Ruang, hal ini merupakan yang pertamakali di Indonesia, khususnya dalam penanganan perkara yang berhubungan dengan tindak pidana Bidang Tata Ruang berdasarkan peraturan Perundang-undangan.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau (Kepri) dari Direktur Penertiban Pemanfaatan Ruang pada Kementerian ATR/BPN, Ariodilah Virgantara ST MT.

Keberhasilan Kejati Kepri dalam penanganan perkara yang berhubungan dengan tindak pidana Bidang Tata Ruang berdasarkan peraturan Perundang-undangan tersebut, terutama mampu menuntaskan penuntutan terhadap penanganan perkara tata ruang yang di lakukan PPNS dari Kementerian.

Pemberian penghargaan yang pertama diberikan ini, terkait penanganan perkara tata ruang, maka wajarlah penghargaan ini baru pertama kali di Indonesia.

Pemberian penghargaan tersebut terungkap saat adanya pertemuan antara Direktur Penertiban Pemanfaatan Ruang pada Kementerian ATR/BPN, Ariodilah Virgantara ST MT dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri, Dr Rudi Margono, di kantor Kejati Kepri, pada Kamis (14/12/2023).

Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan, hal ini bermula dari kedatangan Direktur Penertiban Pemanfaatan Ruang Kementerian ATR/BPN Ariodilah Virgantara, ST., MT. beserta jajaran ke Kajati Kepri.

Dikatakan oleh Ariodilah Virgantara, ST., MT.
kunjungan tersebut dalam rangka audiensi/ diskusi dan memberikan penghargaan atas dukungan Kejati Kepri dan Kejari Batam dalam penyelesaian proses penegakan hukum di Bidang Penataan Ruang berdasarkan putusan pidana terhadap pemanfaatan ruang berupa Pembangunan Kavling Perumahan Pesona Bukit Sambau di Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa Kota Batam.

Adapun sengketa terkait lahan peruntukan Hutan Lindung (HL) Sei Ulu Lajai/Sei Hulu Lanjai yang melanggar ketentuan pidana sebagaimana dimaksud Pasal 17 angka 32 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja perubahan atas ketentuan Pasal 69 ayat (1) Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Pada kesempatan itu, Ariodilah Virgantara, ST., MT menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dukungan pada proses penegakan hukum Bidang Penataan Ruang yang telah berhasil dilakukan oleh jajaran Kejati Kepri.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ariodilah dengan penyematan Plakat, Pin dan Sertifikat Penghargaan yang langsung diterima oleh Kajati Kepri, Dr Rudi Margono SH MHum.

Pada pertemuan tersebut Direktur Penertiban Pemanfaatan Ruang Kementerian ATR/BPN juga berharap dan menitikberatkan pada peningkatan koordinasi, sinergitas yang telah terjalin baik selama ini.

Diharapkannya, sinergitas yang telah terjalin antara PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) dengan Jaksa Penuntut Umum pada Kejati Kepri, khususnya dalam penanganan perkara yang berhubungan dengan tindak pidana Bidang Tata Ruang berdasarkan peraturan perUndang-undangan, terus ditingkatkan.

Kajati Kepri, Rudi Margono, pada kesempatan itu menyampaikan, ia dan jajaran mengucapkan terimakasih dan menyambut baik atas adanya apresiasi dan penghargaan yang telah diberikan kepada Jajaran Kejaksaan Tinggi Kepri tersebut.

“keberhasilan kami, terkhusus adanya ketegasan dan keberanian Jaksa Penuntut Umum dalam menuntaskan penanganan perkara tindak pidana Bidang Penataan Ruang hingga memperoleh kepastian hukum ini, juga tidak terlepas berkat adanya kepercayaan dari kita semua, terutama sinergitas dan kerja sama semua jajaran,” tutup Rudi.

Editor : Zoelnasti
Dari berbagai sumber.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini