KUA Sungai Beremas, Gelar Bimwin Mandiri

0
152
KUA
Pasaman Barat | ajopasbar.andoranews.com – Menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan sikap kemandirian dalam berumahtangga bagi suami istri, merupakan kewajiban bagi setiap pasangan. Seiring hal itu, KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Sungai Beremas, Pasaman Barat, Rabu (1/11/2023) melaksanakan Bimwin (Bimbingan Perkawinan) secara mandiri di kantor itu, Air Bangis.

Bimwin secara mandiri di ruang Balai Nikah, KUA Sungai Beremas, Air Bangis, diikuti 15 pasang calon pasangan suami istri atau Catin (Calon Pengantin) dari setiap jorong se kecamatan, kata Plt. Kepala KUA setempat, Eriyanto melalui akun WhatsApp dari Air Bangis, Rabu.

Program Binwin secara mandiri di kantor urusan agama kecamatannya, kata Eriyanto merupakan, sarana meningkatkan kualitas sumber daya pengantin, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, khususnya berkaitan dengan rumah tangga.

Selain itu, ingatnya lagi, Bimwin yang digelar secara terprogram ini, juga sebagai jawaban atas perlu sekaligus dibutuhkannya ilmu pengetahuan dan peningkatan ilmu, wawasan serta hal-hal yang berkaitan dengan tugas pokok juga fungsi suami sebagai kepala keluarga, istri sebagai ibu rumahtangga, dan ilmu pengetahuan yang lain.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diwakili Kasi Bimas (Bimbingan Masyarakat) Islam, Ronaldi, menjelaskan, Kementerian Agama, khususnya di Pasaman Barat, juga menggelar Bimwin secara tertata dan terprogram. Untuk tahun anggaran 2023 dilaksanakan sebanyak 19 angkatan, sesuai titik lokasi dan jadwal yang ditetapkan.

Penghulu di wilayah kerja KUA Kecamatan Pasaman, Wafda, juga Ketua APRI (Assosiasi Penghulu Republik Indonesia) Pasaman Barat, mengatakan, Binwin bertujuan memberikan pembekalan kepada catin dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah.

“Materi yang disampaikan berkaitan dengan kebahagian rumah tangga, salah satunya adalah semakin dekat pasangan kepada Allah SWT. Mencegah komplik dalam rumah tangga adanya hak dan kewajiban serta peran suami istri dalam rumah tangga”, ujarnya.

Pemateri Bimwin di KUA Kecamatan Pasaman hari ini adalah, Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Ronaldi, Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, Kepala KUA setempat, Zulfikar, dan Ketua APRI Pasaman Barat. (gmz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini