Libur Semester Ganjil Telah Berlalu Bagi Siswa SMKN 1 Pasaman

0
22
Libur Semester
Pasaman Barat | AndoraNews : Libur semester ganjil telah berlalu bagi siswa SMKN 1 Pasbar, hal itu ditandai dengan ditetapkannya hari Selasa, 2 Januari 2024 sebagai hari pertama masuk sekolah untuk sekolah-sekolah di kabupaten Pasbar khususnya di SMKN 1 Pasbar.

Hal ini sesuai dengan masa libur sekolah semester 1 bertepatan dengan masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akhir Desember 2023.

Awal 2 Januari 2024 liburan telah usai, ini menandakan akhir semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 telah berganti menjadi langkah awal, bagi siswa TK, SD, SMP dan SMA/SMK, untuk siap menapakkan kakinya memasuki Semester 2, siap melanjutkan program pendidikannya kembali.

Seperti lazimnya, setelah libur semester 1, siswa diharapkan untuk kembali ke bangku sekolah memasuki semester 2 atau semester genap, yang pada tahun ini jatuh pada hari Selasa, 2 Januari 2024.

Jadwal libur sekolah ini berlaku untuk semua satuan pendidikan, baik itu sekolah negeri maupun sekolah swasta di Sumatera Barat, namun tidak semua provinsi menerapkan aturan yang sama, ada beberapa provinsi memulai hari pertama semester genap tahun 2024 pada hari Senin (08/01/2024).

Hal tersebut berdasarkan pantauan Ajopasbar.andoranews.com di beberapa Provinsi dan berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber.

Apa lagi Pemerintah pusat melalui Kemendikbud Ristek, hanya memberikan rambu-rambu minggu efektif pembelajaran, sedangkan untuk menentukan libur nasional dan cuti bersama bagi para pegawai di instansi pemerintahan masih kewenangan pada pemerintah, sedangkan pemerintah daerah hanya diberi kewenangan untuk menyusun kalender pendidikan berdasarkan minggu efektif pembelajaran dan di sesuaikan dengan libur nasional dan cuti bersama. Itulah salah satu alasan, adanya perbedaan hari pertama masuk sekolah di beberapa daerah.LIBUR SEMESTER

Provinsi Sumbar, mengenai Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2023/2024 disikapi melalui Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

Makanya berdasarkan kalender pendidikan milik Dinas Pendidikan Sumbar, hari pertama pendidikan semester ganjil untuk Sumbar dimulai sejak 11-12 Juli 2023 lalu, dan awal masuk semester dua atau semester genap, sesuai jadwal dimulai Selasa, tanggal 02 Januari 2024.

Berikut jadwal tahun ajaran baru 2023-2024:
Semester 1: 10 Juli 2023
Libur Semester 1: 18-30 Desember 2023
Semester 2: 2 Januari 2024
Libur Semester 2: 24 Juni 2024

Kalender pendidikan 2024 pada semester genap tersebut, merupakan jadwal pendidikan memasuki awal semester 2 dengan materi pelajaran baru, setelah melalui masa libur semester 1.

Perjalanan masa libur yang bisa di bilang cukup panjang selama 2 pekan, akhirnya secara umum seluruh siswa di Sumbar kembali aktif masuk sekolah pada awal bulan Januari 2024, tepatnya hari Selasa,(02/01/2024).

Demikian juga hal yang sama berlaku bagi Siswa SMKN 1 Pasaman, terlihat setelah siswa usai menikmati hari libur semester dan pergantian tahun baru, hari ini Selasa (02/01/2024) siswa SMK N 1 Pasaman kembali aktif belajar, meski ini hari pertama masuk, siswa tetap dituntut untuk kembali aktif belajar melalui tatap muka.

Pantauan Reporter Ajopasbar.andoranews.com, di sejumlah sekolah di kabupaten Pasaman Barat khususnya di SMK N 1 Pasaman, Jl.Pertanian, Nagari Sukomananti, Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, terlihat pada hari pertama pembelajaran tatap muka sudah mulai dilaksanakan.

Menurut Kepala SMK N 1 Pasaman, Edi Supanri,S.PD, M.PD.T, sebelum melaksanakan pembelajaran, sesuai tradisi di SMK N 1 Pasaman, sehabis upacara Selasa pagi itu, seluruh siswa dan guru membersihkan lingkungan sekolah.LIBUR SEMESTER

Warga sekolah diajak untuk melakukan kegiatan kebersihan, tujuannya agar ruang kelas dan lingkungannya asri dan nyaman untuk memulai pelajaran.

“Kita secara bersama-sama, dengan para siswa termasuk guru, membersihkan lingkungan sekolah, seperti membersihkan halaman, ruangan kelas yang sudah lama ditinggal libur,” terang Edi.

Tujuan gotong royong menurutnya yakni, membersihkan lingkungan, termasuk bangku, meja, hingga halaman sekolah agar semua terlihat lebih bersih dan nyaman, setelah itu kita langsung memulai kegiatan belajar tatap muka

“Indikator kenyamanan di antaranya kelas yang ditempati anak-anak harus bersih. Lingkungan sekolah tempat siswa beristirahat pun harus bersih dan rapi,”terang Edi.

Hal ini dilakukan menurut Edi, setelah hampir dua minggu siswa tidak membersihkan kelas masing-masing, memang meja bangku dan jendela terlihat dikuasai oleh debu, demikian juga lingkungan sekolah terlihat kusam, sebab penjaga sekolah dan guru piket selama libur, hanya membersihkan tempat-tempat tertentu saja.

Oleh karena itu, siswa-siswi didampingi guru kelas dan guru mata pelajaran melakukan aksi kebersihan serempak.

“Setelah terlihat bersih, nyaman dan asri, kita beristirahat, tidak langsung memberikan pelajaran. Ibarat berolahraga, hari pertama dilakukan untuk pemanasan dengan pelajaran edukasi ringan dan motivasi penyemangat menyongsong pelajaran baru,” tambah Edi.LIBUR SEMESTER

Disiplin dan usaha kebersamaan antara siswa dan tenaga pengajar maupun pegawai yang ada di lingkungan SMK N 1 tersebut, menurut kepala SMK hal itu sudah menjadi kebiasaan di sekolah, makanya SMK N 1 pun sejak awalnya hingga tahun 2023 selalu mendapat berbagai prestasi sekolah.

Seperti adanya pencapaian sekolah, dengan keluarnya SK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di SMK N 1 Pasaman sebagai SMK BLUD, dan Juara 2 Lomba Keterampilan Siswa (LKS) pelayanan restoran se Sumbar.

Sedangkan saat mengikuti O2SN dan Fl2SN tingkat Sumbar, SMKN 1 Pasaman berhasil mendapat juara 3 dalam ajang lomba, Solo song, Monolog dan Tari kreasi.

Bukan itu saja, selain SMKN 1 Pasaman telah mampu berbicara pada berbagai kegiatan, seperti Monolog FLS2N Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2023 Juara 3 dan Tari Kreasi FLS2N Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2023 juga Juara 3, Cipta Lagu FLS2N Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2023 Juara 3 dan Renang Putri O2SN Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2023 Juara 3.

Demikian juga pada Pelayanan Restoran LKS SMK Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2023 berhasil meraih Juara 2.

Sedangkan Lomba Balap Karung dalam rangka memperingati HUT RI Ke-78 (ADYRAJA DIPA) SMKN 1 Pasaman untuk putra berhasil menjadi Juara 1, sedang untuk putri juara 3.LIBUR SEMESTER

Masih dalam rangka memperingati HUT RI ke 78 (ADYRAJA DIPA) SMKN 1 Pasaman juga berhasil merebut juara 2 pada Lomba Futsal dan juara 2 pada Lomba Tarik Tambang.

Dalam Festival Ady Raja Dipa 2023 untuk Lomba Memasak Giat Prestasi Pramuka Tingkat Penegak SMKN 1 Pasaman juga berhasil meraih Juara 1, dan Lomba Memasak Pembina Giat Prestasi Pramuka (Festifal ADYRAJA DIPA 2023) Juara 1, sedangkan masih pada lomba yang sama pada Lomba Tapak Perkemahan Giat Prestasi Pramuka Tingkat Penegak Juara 2.

Demikian juga untuk prestasi guru, SMKN 1 Pasaman memperoleh Juara 2 lomba inovasi GTK bidang tata usaha se Sumbar.

Harapan kita SMKN 1 Pasaman ke depan di tahun 2024 semua elemen khususnya tenaga pengajar dapat meningkatkan kinerjanya dalam meraih prestasi, terutama dalam mengikuti Pengelolaan kinerja guru di Plath From Merdeka Mengajar (PFMM) dalam inflementasi kinerja guru dengan torehan prestasi yang lebih baik lagi.

Kepala SMKN 1 Pasaman, Edi Supanri,S.PD, M.PD.T, saat berdialog dengan Reporter Media Ajopasbar.andoranews.com mengungkapkan, selama ini Pemkab Pasbar selalu mendorong agar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) N 1 Pasaman ini membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), terutama untuk melayani jual-beli produk hasil karya pelajarnya kepada publik.

Keinginan itu dapat dilihat dari sekian banyaknya karya-karya siswa SMK yang selama ini dipandang telah layak untuk dipatenkan dan bisa diproduksi.

Sebab, pembentukan BLUD dipandang penting bagi SMK yang telah mampu mengembangkan teaching factory sendiri.

Harapannya, bagi SMK yang telah ada BLUD atau telah terbentuknya BLUD, Ke depan SMK tersebut tidak lagi bergantung modal atau meminta modal kepada negara,cukup melaporkan pendapatannya ke kas negara.LIBUR SEMESTER

Meskipun demikian, menurut Edi, tidak seluruh SMK bisa langsung berubah menjadi BLUD, sebab sebelumnya pihak sekolah harus melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu.

Menurutnya, ada banyak faktor yang harus dipenuhi untuk menjadi SMK BLUD, antara lain faktor yang mempengaruhi adalah kemampuan sekolah dalam memenuhi target produksi dan kualitas sekolah itu sendiri.

Sesuai dengan Pedoman Penyusunan Pola Tata Kelola BLUD SMK yang diterbitkan PSMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemdikbud), dan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 61 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah.

BLUD dapat beroperasi, harus sesuai dengan pola tata kelola atau peraturan internal yang memuat antara lain, struktur organisasi, prosedur kerja, pengelompokkan fungsi yang logis dan pengelolaan sumber daya manusia.

Pola tata kelola yang dikembangkan tersebut harus memenuhi prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good governance) agar dapat mengarahkan pengelolaan BLUD ke arah yang lebih profesional serta dapat mencapai arahan sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan.

Edi melanjutkan, dalam pengembangan pola tata kelola harus memperhatikan prinsip-prinsip pengendalian internal yang baik, efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan, serta transparan dalam pengelolaan operasional maupun keuangannya.

Dengan demikian, BLUD SMK dalam pola tata kelolannya, dapat menjadi suatu sistem kerja yang berjalan sesuai dengan prinsip di atas.

Dengan dijadikan SMK N 1 Pasaman menjadi BLUD, berarti telah dinilai dapat memiliki keuntungan yang lebih, makanya Kemendikbud mendorong setiap daerah agar mengubah status SMK menjadi BLUD melalui program teaching factory.LIBUR SEMESTER

“Harapan kita dan semua pihak, tentu produk yang telah dihasilkan para siswa tidak hanya sebatas hasil praktek saja, tetapi dapat juga hendaknya di pasarkan dengan standar industri yang dimiliki,” Ungkap Edi.

Dalam hal ini Edi berharap, agar pemerintah pun turut memberikan bantuan untuk mendukung SMK menjadi BLUD, dengan harapan agar pembentukannya dapat berjalan sebagaimana mestinya dan bernilai jual yang tinggi.

“Alhamdulillah SMKN 1 Pasaman, menjadi 1 dari 28 SMK BLUD yang telah mengikuti Launching BLUD pada tanggal 28-29 September 2022 lalu di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat,” terang Edi.

Semoga visi misi SMKN 1 Pasaman dalam mewujudkan lulusan yang berakhlaq mulia cerdas, trampil, profesional dan berwawasan global mampu mencapai tujuan untuk bersaing dalam memenuhi dunia usaha global yang bermanfaat bagi masyarakat, negara dan bangsa Indonesia.

Kepala SMKN 1 Pasaman, Edi Supanri menyebutkan, saat ini jumlah siswa kelas X ada 288 orang, kelas XI ada 325 orang dan kelas XII ada 272 orang, dengan demikian jumlah siswa secara keseluruhan mencapai 885 orang, dengan 6 jurusan untuk kelas X dan XI serta 4 Jurusan untuk Kelas XII.

Adapun jurusan atau program yang ada yakni, program Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB), program Akutansi Keuangan Lembaga (AKL), program Perhotelan dan program Kuliner serta program Desain Komunikasi Visual (DKV) termasuk program Busana.LIBUR SEMESTER

Edi mengatakan pelaksanaan hari pertama sekolah SMKN 1 Pasbar berjalan aman, tertib dan lancar.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kadisdikjar Pasbar, menurutnya di hari pertama pembelajaran tatap muka di beberapa sekolah berjalan penuh antusiasme dan lancar.

“Suasana hari pertama masuk sekolah di semester 2 ini penuh dengan kegembiraan dan antusiasme. setelah liburan panjang, terlihat siswa-siswa kembali dengan semangat yang segar, mereka siap menghadapi tantangan baru dan mengejar prestasi lebih tinggi. hal itu terpancar di Selasa pagi yang cerah, pada senyum bahagia dari wajah-wajah ceria para siswa,”ungkap Kadisdikjar Pasbar.

(Zoelnasti)

IKLAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini