Lomba Lari Maraton 10 K Pasbar Open Sukses Digelar

0
25
Lomba Lari
Simpang Empat | AndoraNews : Lomba Lari Maraton 10 K Pasbar Open, merupakan Kejuaraan lari tahunan yang digelar pada Rabu pagi (27/12/2023) di Kabupaten Pasaman Barat dengan total hadiah senilai Rp 24,3 juta plus medali sukses di gelar.

Untuk peserta yang hadir mengikuti kompetisi lomba lari dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pasbar ke-20 yang jatuh pada 7 Januari tahun 2024 mendatang itu, ada sekitar 600 pelari dari berbagai daerah Pasbar dan Sumbar.

Run Fest 10 K untuk putra, dilepas oleh Bupati, H. Hamsuardi, sedangkan 5 K untuk putri dilepas oleh Wabup, Risnawanto tersebut, dalam pelaksanaannya terlihat kolaborasi Dispora dan KONI Pasbar sangat padu dan luar biasa, hingga sampai akhir berjalan lancar dan sukses.

Pembukaan Run Fest 10 K dan 5 K Pasbar, selain dipimpin langsung oleh Bupati Pasbar, Hamsuardi dan Wabup Risnawanto juga terlihat hadir Ketua TP-PKK Ny. Titi Hamsuardi dan ketua DPRD Pasbar, H. Erianto, Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Media Putra serta Ketua KONI Pasbar, Mondiharto, sekretaris Koni, Iwan Suhandri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pasbar, termasuk stakeholders terkait lainnya dan tak ketinggalan animo kehadiran masyarakat disepanjang jalan yang dilalui.

Pasaman Barat Run Fest yang terbagi atas tiga kategori yakni, 10 K Open dan 10 K Pasbar mengambil start di depan SMPN 2 Luhak Nan Duo Kapar, dengan Finish di depan Kantor Bupati Pasbar Kecamatan Pasaman, sedangkan untuk Run Fest 5 K khusus Putri mengambil start di Batang Biyu dan Finish di depan Kantor Bupati Pasbar.LOMBA LARI

Bupati Pasbar, Hamsuardi yang didampingi Wabup, Risnawanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu menyukseskan Pasaman Barat Run Fest 2023 ini, dan selamat berlomba bagi seluruh peserta.

Hamsuardi juga berpesan kepada para atlet untuk menjaga kesehatan, menjaga stamina, dan tidak memaksakan diri serta yang terutama tidak berlaku curang saat mengikuti lomba.

“Atlet yang ikut ini tidak hanya dari kalangan profesional namun juga dari pemula. Jika tidak mampu jangan dipaksakan. Sebab kegiatan ini bukan cuma mencari prestasi namun ajang hiburan dalam menyambut HUT Pasbar Ke-20. Jadi mohon pada semua atlet ini agar jaga stamina dan tidak memaksakan diri. Selamat bertanding dan jadilah juara,” terangnya.

Dikatakannya, Lari maraton 10 K dan 5 K, yang telah menjadi agenda rutin untuk diselenggarakan dalam memeriahkan HUT Pasbar di setiap tahunnya ini terus meningkat, maka bupati optimis untuk penyelenggaraan ke tiga di tahun berikutnya akan lebih sukses lagi.

“melihat meriahnya penyelenggaraan maraton yang ke dua tahun ini dan melihat antusias peserta yang datang dari berbagai kabupaten kota untuk mengikuti lomba, maka kita yakin pada pelaksanaan ke tiga di tahun mendatang akan lebih meningkat lagi, baik itu dari jumlah peserta maupun hadianya,” ujar Hamsuardi.

Hamsuardi berharap, agenda ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Pasbar, khususnya pada rute area yang dilalui.LOMBA LARI

Selain itu, menurutnya, event ini juga jadi momen, tempat, dan ruang untuk menjalin silaturahmi bagi para penggiat olahraga lari dari berbagai komunitas lari, khususnya di Sumbar, terutama dalam mengenalkan berbagai potensi yang ada Pasbar.

Sementara Kadispora, Media putra saat ditemui oleh Andoranews di sela kegiatan tersebut menyampaikan, ucapan terima kasih kepada semua pihak khususnya KONI Pasbar yang telah mendukung sepenuhnya hingga 10 K Pasbar Open ini dapat terselenggaranya dengan baik.

Media putra juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Pasbar, yang begitu antusias disepanjang jalan yang dilalui dalam memberi semangat dan dukungan kepada peserta lomba.

Dikatakannya, lomba 10 K Pasbar Open ini, mampu menarik perhatian masyarakat, terbukti disambut baik pula oleh masyarakat lokal maupun luar daerah.

Saat lomba digelar, warga terlihat berjejer guna melihat di pinggir jalan. masyarakat turut menyemangati pelari agar bertahan sampai garis finish.

Demikian juga ucapan yang sama ia sampaikan kepada seluruh atlet baik dari Pasbar maupun dari luar Pasbar yang begitu antusias hadir mengikuti lomba dengan sportivitas yang tinggi dalam rangka memeriahkan HUT Pasbar Ke-20 ini.LOMBA LARI

Ketua KONI Pasbar, Mondiharto yang didampingi Sekretaris, Iwan Suhandri menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, bukan saja kepada ratusan peserta dari Pasbar dan dari luar Pasbar yang begitu antusias untuk mengikuti Maraton 10 K Pasbar Open yang ke dua kalinya ini, tapi ia juga mengapresiasi masyarakat yang telah memberi rasa aman dan kenyamanan serta yel yel dukungan kepada peserta di sepanjang rute yang dilalui.

Menurut Ketua KONI, dengan besarnya antusiasme peserta maupun animo masyarakat tersebut, pihaknya optimistis, kegiatan ini bisa digelar secara nasional pada 2024 mendatang.

Apa lagi lomba maraton 10 k Pasbar ini mampu menarik perhatian masyarakat, terbukti di sepanjang rute masyarakat dari pinggir jalan terus memberi dukungan untuk menyemangati pelari agar mampu bertahan masuk garis finish.

“Insyaallah, tahun depan kalau memungkinkan akan digelar lagi dengan skala dan jumlah peserta yang lebih besar,”harapnya.

Berikut Daftar Pemenang 10 K Open,
Juara 1 diraih oleh M. Ikbal asal Solok Selatan mendapat tropi dan hadiah sebesar Rp 5.000.000.
Juara 2 Hamdan Sayuti asal Sijunjung mendapat tropi dan hadiah senilai Rp 2.500.000.
Juara 3, diraih oleh Khairul asal Pasaman mendapat tropi dan hadiah Rp 1.500.000.
harapan 1 hingga 3 mendapat masing-masing sebesar Rp 500.000.

10 K Pasbar,
Juara 1 diraih oleh Alfi Nandra mendapat tropi dan hadiah sebesar Rp 3.500.000.
Juara 2 Hendro Eka Putra membawa pulang tropi dan hadiah Rp 1.500.000
juara 3 Rendi mendapat tropi dan hadiah Rp 1.000.000.
Harapan 1 hingga 3 mendapat masing-masing senilai Rp 300.000.

Juara 5 K Putri,
Juara 1 diraih Rosa Desmira mendapat tropi dan hadiah Rp 3.500.000.
Juara 2 Zahra mendapat tropi dan hadiah Rp 1.500.000.
Juara 3 Anisa Raudatul mendapat tropi dan hadiah Rp 1.000.000.
harapan 1 hingga 3 masing-masing mendapat hadiah senilai Rp 300.0000.LOMBA LARI

Menurut ketua KONI Pasbar, awalnya pihak panitia hanya membuka pendaftaran bagi 453 peserta saja.

Namun karena antusias masyarakat yang tinggi, sehingga pedaftaran kembali dibuka hingga akhirnya mencapai sebanyak 600 peserta.

“Itupun masih banyak yang belum bisa terakomodir, karena banyak komunitas lari dari berbagai daerah yang ingin ikut dalam event ini terlambat,” terangnya mengakhiri.

(Zoelnasti)

IKLAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini