MTsN 6 Pasaman Barat, Gelar Gebyar HAB melalui Perlombaan

0
30
MTsN
Pasaman Barat | AndoraNews : Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Pasaman Barat, Sabtu (13/1) kemarin, menyelenggarakan aneka lomba dan pertimbangan, dalam rangka peringatan HAB (Hari Amal Bakti) ke-78 tahun 2024 di MTs Swasta Sukorejo, Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan.

Kepala MTs 6 Pasaman Barat di Air Balam, Kecamatan Parit Koto Balingka, Arispan, Senin (15/1) menjalankan, selain memeriahkan peringatan HAB ke-78 Kementerian Agama. Pekan Olahraga dan Seni Madrasah (Porsema) tahun 2024, dengan mengikutsertakan peserta didik dari MTs Swasta se Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTsN 6 Pasaman Barat.

Selain itu, kegiatan ini juga sarana untuk meningkatkan hubungan silaturahmi, keakraban dan kebersamaan antar sesama siswa bersama majelis guru MTs lintas yang se KKM dengan MTsN 6 Pasaman Barat, jelas kepala MTsN 6, melalui akun WhatsApp (WA) dari madrasah yang dipimpinnya.

Selama Porsema 2024 ini, terangnya, dikuatkan Kaur Tata Usaha, Sukmayanti, diadakan lomba baca puisi, lomba Tahfiz, lomba pidato bahasa inggris, bahasa arab, dan bahasa Indonesia. Khusus bidang pertandingan, digelar pertandingan bola voli putera dan puteri antar madrasah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, saat membuka kegiatan yang diikuti siswa dari 13 MTs negeri dan swasta se KKM MTsN 6 Pasaman Barat itu, menggunakan, mumpung hari masih berada dalam bulan Januari 2024, maka Porsema yang digelar MTsN 6 Pasaman Barat memang dalam suasana peringatan HAB ke-78.

Berbagai cabang lomba dan pertandingan yang dilaksanakan di ajang Porsema saat ini, diharapkan bisa melahirkan generasi muda berkualitas, dan siap tampil dalam berbagai kegiatan. Untuk itu, kegiatan seperti ini harus dilestarikan dan digelar setiap tahun, seperti gebyar Porsema MTsN 6 Pasaman Barat tahun ini diadakan di MTs Swasta Jorong Sukarejo di Kecamatan Ranah Batahan.

Ketua panitia HAB MTsN 6 Pasaman Barat, Sukmayanti, berharap melalui aneka lomba dan pertandingan ini dapat mempererat tali silaturahmi antar siswa bersama majelis guru lintas madrasah, khusus se KKM dengan MTsN 6 Pasaman Barat.

MTs Swasta yang bergabung atau se KKM dengan MTs 6 Pasaman Barat, sebanyak 12 madrasah. Selain yang berada di Kecamatan Parit Koto Balingka, MTs Swasta yang dimaksud, jelas Sukmayanti, juga berada di Kecamatan Ranah Batahan. Di kecamatan yang berada di kawasan perbatasan kabupaten dan provinsi Sumatera Barat dengan Sumatera Utara, memang belum ada MTs yang berstatus negeri.

Para pemain, kata Rali Tasman, terlihat sangat antusias mengikuti lomba dan pertandingan. Untuk itu, dibutuhkan dukungan, perhatian dan bimbingan semua pihak. Suasana pertandingan pun berjalan lancar dan aman, dengan para pemain menampilkan performa terbaik mereka.

Setelah pertandingan selesai, para pemain dan penonton tampak senang dan berbahagia. Kegiatan seperti ini, akan menjadi tradisi setiap tahun dan semakin memperkuat hubungan antara pegawai di lingkungan Kemenag, baik antar divisi maupun individ. (gmz)

IKLAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini