Musyawarah Nagari Perencanaan Pembangunan Tahunan TA2024

0
52
Musyawarah Nagari
Sukomenanti | AndoraNews : Musyawarah Nagari Perencanaan Pembangunan Tahunan TA 2024 Nagari Sukomananti Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Nagari (RKPnagari) tahun 2024 berlangsung di Aula Nagari pada Senin, (27/11/2023).

Acara ini dihadiri oleh Camat kecamatan Pasaman, Andre Afandi, Pj Walinagari Sukomenanti Aua kuniang, Asrul bersama Sekna,Rijalul ihsan beserta perangkat Nagari lainnya yang juga terlihat Ketua Bamus Nagari sukomananti Aua kuniang, Akhirul Gusti dan seluruh anggota Bamus serta pendamping desa Novlina S. com.arwis S. Pdi, Jon Hendri Satria St.termasuk Ketua LPMN, Sumarlin, Babinsa, Mukhlis.

Terlihat juga hadir berbagai unsur penting lainnya yang ada dalam masyarakat nagari, termasuk unsur Pemerintah Nagari, Lembaga Nagari, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan perempuan, dan berbagai pihak lainnya yang memiliki keterkaitan dengan pembangunan di Nagari Sukomananti Aua Kuniang.

Camat Pasaman, Andre Afandi dalam sambutannya menyampaikan, dengan keterbatasan anggaran pemerintah saat ini, diharapkan dalam melaksanakan RPJM yang akan dituangkan pada RKP Nagari, hendak mampu memilih dan memilah skala priotas yang paling utama.

Andre menjelaskan, tujuan dari dilaksanakannya Musyawarah Nagari ini adalah untuk membahas rencana pembangunan tahunan desa untuk tahun 2024,melalui diskusi bersama antara berbagai pihak yang terlibat.

Dikatakannya, dalam pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Nagari (RKPnagari) yang akan disusun, memang melibatkan aspirasi dan masukan dari berbagai lapisan masyarakat, hal ini agar pembangunan yang direncanakan lebih sesuai dengan kebutuhan dan prioritas masyarakat setempat.

“harapan kita, segala program kegiatan yang ada dapat bermanfaat, terutama fasilitas mana saja yang perlu dipetahankan untuk pembangunan di Nagari berdasarkan skala prioritas,” terangnya.

Sementara ketua Bamus Nagari Sukomananti Aua Kuniang, Akhirul Gusti dalam pembukaannya berharap, pada pembahasan selanjutnya, terutama nanti di tingkat musrembang semua skala prioritas sudah harus dikawal, hingga RKP nagari tahunan ini tidak ada nantinya yang naik di jalan.

Dikatakan Akhirul, untuk session berikutnya acara dilanjutkan dengan membagi langsung peserta menjadi dua kelompok, tujuannya untuk menentukan prioritas mana saja yang harus dipertahankan di antara item – item yang ada supaya hasil musyawarah Nagari rencana pembangunan ini bisa terealisasi.

Sebab menurutnya dalam pembagian ini, diharapkan para peserta dapat saling berbagi pandangan, pemikiran, serta masukan mengenai berbagai aspek pembangunan yang perlu di tingkatkan atau di kembangkan sehingga rencana pembangunan yang dihasilkan akan lebih holistik dan inklusif di Nagari Sukomenanti.

Hal senada juga disampaikan oleh Pj Walinagari Sukomenanti Aua kuniang, Asrul, dan pada kesempatan itu Pj. Wali Nagari juga berharap
Musyawarah Nagari ini dapat menjadi wadah untuk membangun partisipasi aktif masyarakat dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan terkait pembangunan nagarinya.

Dikatakan Asrul, melalui dialog dan kolaborasi ini, diharapkan akan tercipta kesepahaman bersama mengenai visi dan arah pembangunan Nagari yang akan dijalankan pada tahun 2024 nanti.

“acara Musyawarah Nagari ini memiliki peran penting dalam menjalin komunikasi antara Bamus Nagari, pemerintah Nagari, lembaga Nagari, tokoh masyarakat, termasuk tokoh adat dan juga perangkat keterwakilan unsur perempuan, hingga tercapai tujuan pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi Nagari Sukomenanti.

Usai acara rapat dan diskusi kelompok ini, selanjutnya semua dokumen hasil musyawarah Nagari rencana pembangunan ini diserahkan kepada tim evaluasi RKP Nagari yang telah ditunjuk pada Musyawarah untuk diteruskan ke tahapan berikutnya.

(Zoelnasti/Akhir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini