Pasaman Barat Sebagai Negeri Petualangan

0
72
Negeri Petualangan
Ajopasbarandora – Pasaman Barat sebagai Negeri petualangan, merupakan potensi kekayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Pasaman Barat.

Hal tersebut terbukti dengan adanya Pasbar memiliki laut, pulau, danau, gunung, goa, ratusan sungai, air terjun dan puluhan perkebunan serta lahan pertanian lainnya, yang bila kekayaan alam ini diolah, tentu akan mampu menjadi potensi wisata wisata yang menggiurkan dan menjanjikan.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Decky H Saputra di Simpang Empat, Selasa (31/10/2023) kepada media ini, seusai dirinya menyaksikan Tim Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Indonesia saat mengadakan latihan paralayang di Puncak Marando Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Pasaman Barat.

Dikatakannya, latihan tersebut merupakan salah satu rangkaian persiapan Tim Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Indonesia Pasbar untuk menghadapi Festival Puncak Marando di Air Bangis yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat dalam waktu dekat ini.

Menurut Decky, kegiatan tersebut merupakan rangkaian upaya pengenalan potensi wisata, sport tourism, budaya dan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Pasaman Barat.NEGERI PETUALANGAN

Decky menambahkan, pengenalan olah raga berbasis alam, khususnya festival paralayang tersebut merupakan upaya menggairahkan potensi wisata dengan tema *”The Land Of Adventure” atau negeri petualangan.

Festival Puncak Marando di Air Bangis, merupakan salah satu event yang bertujuan mengenalkan olah raga berbasis alam dan kegiatan lainya dan Insyahallah rencananya akan kita gelar pada 5 sampai 12 November 2023 mendatang,” terang Decky.

Decky yang juga ketua FASI Pasbar tersebut menerangkan, kegiatan yang bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Indonesia, yang dipusatkan di RTH Air Bangis tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata.

Apalagi menurut Decky, sela-sela kegiatan tersebut nantinya juga akan ada bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pasar kuliner, ekonomi kreatif dan penampilan seni budaya lokal yang ada di Pasaman Barat.NEGERI PETUALANGAN

“Pelaksanaan Festival Puncak Marando yang akan menghadirkan 50 peserta pilot paralayang Sumatera Barat tersebut, nantinya kita harapkan dapat menjadikan olahraga dirgantara pariwisata (sport torism), agar dikenal lebih luas oleh masyarakat, ditambah lagi, kita juga akan menampilkan berbagai hasil UMKM, Ekraf, seni dan budaya yang ada di Pasbar,” terang Decky.

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga melibatkan dan berkolaborasi serta bersinergi dengan sejumlah pihak dengan tujuan bagaimana menyukseskan pelaksanaan Festival Puncak Marando nantinya.

“Makanya dalam event tersebut, kita juga melibatkan penggiat, pemuda Air Bangis, kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan KONI Pasaman Barat, dengan harapan potensi pariwisata Pasaman Barat khususnya Air Bangis akan semakin dikenal oleh masyarakat secara luas,” terang Decky.

Diterangkan oleh Decky lagi, Puncak Marando yang terletak di Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat yang memiliki bukit dan panorma yang indah tersebut, adalah merupakan salah satu asset potensi wisata yang butuh perhatian kita bersama untuk dikembangkan bersama, hingga sarana prasarana destinasi bagi para pecinta olahraga dirgantara lainnya, termasuk dalam menciptakan atlet profesional akan selalu tersedia.

“Secara bertahap, mari kita secara bersama untuk terus mengembangkan destinasi di Puncak Marando ini. Tempat ini sangat layak dijadikan spot take off olahraga paralayang bahkan sebagai potensi wisata yang berada dekat pantai, hingga mampu menggerakan ekonomi kemasyarakatan,” ujar Decky.

Diakhir perbincangan, Decky menyampaikan harapannya, dengan adanya berbagai potensi yang dapat dikembangkan sebagai destinasi pariwisata, terutama untuk dapat dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara, makanya Dinas Pariwasata Pasaman Barat sengaja mengusung tema kegiatan kali ini dengan “The Land Of Adventure” atau negeri petualangan.

(Zoelnasti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini