Pembukaan Festival Paralayang Puncak Marando 5 November 2023 di Lapangan Air Bangis

0
98
Festival Paralayang
Air Bangis | AndoraNews : Pembukaan Festival Paralayang Puncak Marando pada hari Ahad 5 November 2023 di lapangan Air Bangis yang berlokasi RTH Air Bangis dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Pasbar.

Pembukaan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Pasbar, H. Risnawanto, SE. didampingi oleh Kadispar, H. Decky H. Sahputra dan kabid pemasaran Syahfiyenti beserta staf, terlihat juga hadir Camat Sungai Beremas, Wali Nagari dan seluruh Kepala Jorong yang ada di Nagari Air Bangis.

Didukung oleh cuaca yang cerah, siang itu terlihat sesakan ribuan pengunjung yang berasal dari air Bangis dan sekitarnya, hingga semarak acara pembukaaan semakin ramai oleh pengunjung yang dengan sabar menanti penampilan musik dan hiburan lainnya dari panitia penyelenggara seperti, penampilan penyanyi cilik lokal dan berbagai tarian seni budaya lokal juga hiburan lainnya.FESTIVAL PARALAYANG

Apa lagi, ribuan pengunjung dimanjakan dengan adanya berbagai cemilan yang tersaji di stand UMKM dengan menu yang begitu lengkap.

Pada kesempatan itu, terlihat Kadispar Pasbar, Decky didampingi oleh Paming Budaya, Elisastra menyerahkan sertifikat dari Menteri Kebudayaan Riset & Tekhnologi Republik Indonesia yang menetapkan Sulam Bonang Oleh Aie Bangih Pasbar sebagai warisan budaya kepada Maestro Sulam Bonang Omeh, ibu Rosmi.

Menurut Decky H. Sahputra, ini suatu bukti capaian yang luar biasa bagi kabupaten Pasbar khysusnya Nagari Aia Bangih melalui seni budaya dan kearifan lokalnya sudah diakui oleh nasional, dengan demikian tidak ada lagi klaim tentang budaya Pasaman Barat oleh pihak manapun.FESTIVAL PARALAYANG

Decky berharap, ke depan akan banyak lagi warisan budaya Pasaman Barat yang mendapatkan legalitas resmi pemerintah.
” Semoga kelestarian budaya kita, ke depan dapat diwariskan dan dijaga oleh generasi melanial sebagai generasi penerus, khususnya Sulam Bonang Oleh Aie Bangih ini,”harapnya.

Decky menyampaikan, festival paralayang puncak Marando di Pasaman Barat akan dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya oleh generasi selanjutnya.

Pada kesempatan itu Decky mengajak semua pihak, untuk menyaksikan puncak festival ini nanti pada (tanggal 11sampai 12 Nopember 2023), tepatnya hari Sabtu dan Ahad minggu depan,

(Zoelnasti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini