Pemilu 2024 Bukti Kematangan Demokrasi Menjadi Titik Penentu Masa Depan Indonesia

0
36
Pemilu 2024
Pasaman Barat | AndoraNews : Pemilu 2024 bukti kematangan Demokrasi menjadi titik penentu masa depan Indonesia, merupakan amanah yang harus dijalankan dengan menciptakan rasa aman bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam upaya sosialisasi menciptakan rasa aman kepada masyarakat di kabupaten Pasbar, Senin (27/11/2023) bertempat di halaman Mako Polres Pasbar dilaksanakan Apel Patroli gabungan dalam rangka Operasi Mantap Brata 2023-2024.

Apel gabungan yang dipimpin oleh Wakil Kepala Kepolisian (Wakapolres) Pasaman Barat, Kompol Chairul Amri. Nasution, S.I.K. terlihat diikuti oleh ratusan personil TNI POLRI dan Dishub, Basarnas termasuk Pol PP Pasbar serta beberapa instansi terkait lainnya.

Gelar Apel Gabungan dan Patroli skala besar atau sarpras Operasi Mantap Brata Jaya 2023-2024 tersebut merupakan upaya menciptakan rasa aman bagi masyarakat jelang Pemilu 2024 yang dihadiri oleh jajaran pejabat utama Polres Pasaman Barat, Danramil Simpang Empat, Bupati dan unsur pimpinan Daerah Kabupaten Pasaman Barat, seperti Kasi Intel Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Pengadilan Negeri Pasbar, Kadis Perhubungan, Kasat Pol PP, Kadis Kesehatan, SAR,TNI, dan satuan Brimob Kompi Simpang Empat.

Amanat Kapolres Pasbar, AKBP Agung Basuki yang disampaikan oleh Wakapolres Kompol Chairul Amri. Nasution, S.I.K. menyampaikan, Apel Patroli gabungan dalam rangka Operasi Mantap Brata 2023-2024 ini merupakan bentuk pengecekan personel maupun sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

“Hari ini kita laksanakan Patroli Skala Besar
bertujuan menciptakan kondisi yang aman, diharapkan juga dapat menjaga kekompakan Sinegritas TNI-Polri dan instansi terkait. Kekompakan ini yang di maksud yaitu dengan melaksanakan apel dan patroli bersama sehingga dapat berbagi informasi tentang kondisi terkini tentang wilayah Pasaman Barat,” terang Waka Polres.

Menurutnya, Patroli dalam skala besar ini diharapkan dapat mengantisipasi gesek-gesekan yang terjadi di wilayah Kabupaten Pasaman Barat terutama , di mana pelaksanaan patroli dilaksanakan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman di wilayah Pasaman Barat serta mencegah hal hal yang tidak diinginkan.PEMILU 2024

“Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa,”ujar Chairul.

Lebih lanjut Chairul menyampaikan Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

“Melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya, harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024 mendatang, Polri juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah/ zonasi bagi personel Polri,” tambahnya.

Chairul menegaskan, Polri juga menggelar Operasi Cooling System 2023-2024 untuk membangun narasi besar.

‘Persatuan dan Kesatuan, serta Kemajuan Bangsa di atas Kepentingan Kelompok’ adalah salah satu upayanya dalam mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu SARA, propaganda firehose of falsehood dan black campaign yang dilengkapi dengan Satgas Anti Money Politics serta Satgas Pemilu Damai.

Operasi Mantap Brata 2023-2024 tentunya di iringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada Pemilu 2024, agar masyarakat mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah kita lakukan,” sebutnya lagi.

Terus lakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayahnya masing-masing dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah. Apabila terdapat konflik yang sudah mengganggu stabilitas kamtibmas, maka pastikan penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta nesesitas.

Khusus terkait bencana alam, koordinasikan dengan TNI, BNPB, BMKG, Basarnas dan stakeholder lainnya guna memetakan daerah rawan, sehingga bencana dapat dimitigasi.

“Kita siapkan pula rencana antisipasi bekerjasama dengan penyelenggara pemilu, apabila nantinya terdapat situasi bencana alam di suatu daerah seperti contohnya mempersiapkan fasilitas pencoblosan di lokasi pengungsian,” Ujarnya.

Selanjutnya terkait tindak pidana pemilu, lakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar Sentra Gakkumdu, agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan, sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat.

Terakhir, Mari bersama-sama kita amankan Pemilu 2024, demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 yang kita cita-citakan bersama

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, serta keselamatan kepada kita semua, dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” harap Wakapolres Chairul Amri mengakhiri.

Seusai apel gabungan , kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan konvoi Patroli Skala besar, dengan mengerahkan puluhan Kendaraan sepeda motor dan mobil yang di lepas secara simbolis ditandai dengan bendera star di depan Mako Polres menuju Kinali dan kembali ke Mako Polres Pasbar yang diikuti oleh ratusan personil gabungan.

(Zoelnasti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini