Pertemuan Bulanan IPHI Kecamatan Luhak Nan Dua

0
33
Pertemuan Bulanan
Pasaman Barat | AndoraNews : Pertemuan Bulanan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Luhak Nan Dua yang dilaksanakan di Masjid Nurul Iman Kejorongan Sidodadi, Nagari Pujarahayu Kecamatan Luhak Nan Dua pada Ahad (24/12/2023) yang bertujuan selain untuk menjalin silaturahmi sesama anggotanya, juga membahas lanjutan program kegiatan untuk tahun 2024 mendatang.

Kegiatan ini merupakan program bulanan Pengurus Kecamatan IPHI Kecamatan dan merupakan program rutinitas yang sudah berlangsung sejak lama.

Pertemuan bulanan yang dilaksanakan secara bergilir di setiap Masjid di kenagarian yang ada di Kecamatan Luhak Nan Dua, meskipun dilaksanakan secara bergiliran, namun terlihat pengurus Kecamatan tetap berperan aktif dan terlibat langsung, hal ini sebagai bentuk tanggung jawab dalam mensukseskan program yang telah ditetapkan tahun sebelumnya.

Pertemuan IPHI Luhak Nan Dua diawali selain dengan pemaparan pemantapan keorganisasian, juga laporan perkembangan pondok pesantren Tahfidzul Quran yang dikelola oleh IPHI Kecamatan Pasbar.

Pada kesempatan itu, Ketua IPHI Kecamatan Luhak Nan Dua, H. Hermanto yang didampingi oleh Wakil Ketua, H. B. Kunar dan beberapa pengurus lainnya seperti Sekretaris, H. Syahriwan dan Wakil Sekretaris, Hj. Elda serta Bendahara, Hj. Sarinten menyampaikan, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten PasbarPERTEMUAN BULANAN

Pada pertemuan kali ini, sambutan ketua disampaikan oleh Wakil Ketua, H. B. Kunar dengan mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh anggota terutama kerjasamanya hingga pertemuan rutin ini dapat terlaksana dengan baik.

H. B. Kunar memaparkan pentingnya menjaga persaudaraan Haji melalui silaturahmi, terutama mengikuti program yang ada.

Dikatakannya, salah satu program yang telah berjalan yakni, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Luhak Nan dua telah mendirikan pondok pesantren Tahfidzul Quran di lahan salah seorang anggota yang berlokasi di Simpang Padang Lawas Jalan lintas Simpang Empat Manggopoh.

Selain itu, Kumar menyampaikan pentingnya mempertahankan kemabruran Haji, salah satunya dengan Pertemuan yang dilaksanakan secara rutin yang antara lain bertujuan untuk dapat menjaga tali silaturahim antar sesama jemaah Haji dan juga dapat tetap menambah pahala ibadah dengan hadir mendengarkan tausyiah yang disampaikan dalam kesempatan tersebut.

Dalam kesempatan pertemuan rutin kali ini,Tausyiah disampaikan Oleh Ustadz Saidina Umar yang juga merupakan anggota IPHI Kecamatan Luhak Nan Dua.

Ustadz Saidina Umar mengingatkan kepada jamaah, khususnya Pengurus dan anggota IPHI Kecamatan Luhak Nan Dua, untuk bersama-sama selalu hadir pada setiap pertemuan bulanan.PERTEMUAN BULANAN

“Semoga dengan kegiatan rutin ini kita dapat selalu mempertahankan kemabruran haji dan ia berpesan, akan perlunya kebersamaan dalam meramaikan pertemuan bulanan ini. Jangan ada kesan, seolah ketika kegiatan pertemuan dilaksanakan oleh kecamatan, hanya sekedar ramai, tapi mari kita jaga hati, sebab dari hati akan sekali ada motivasi bagi kita seluruh anggota IPHI untuk saling membantu dan menjaga silaturahmi,” Ujarnya.

Tausiah yang berlangsung lebih kurang satu jam tersebut, beberapa pesan yang disampaikannya antara lain selain menjaga hati, juga mengenai keimanan dan pentingnya mencintai Nabi Muhammad Saw.

Dalam ceramahanya Buya Saidina Umar mengutip pernyataan Imam Syafii yang terkenal itu. “Jangan berhenti mengambil manfaat yang sedikit karena tak mampu mengambil manfaat yang besar,” katanya.

Buya menekankan mengambil manfaat dari pertemuan bulanan IPHI ini, terkhusus manfaat pengajian yang disampaikan, hal ini membutuhkan dukungan dari semua pihak, terutama Sinerjitas dari seluruh unsur terkait akan menciptakan kehidupan beragama di kabupaten kita akan damai.

“Semua unsur dan semua pihak berperan dalam menciptakan kehidupan bergama di manapun kita berada, Masyarakat yang madani adalah tanggung jawab bersama, jangan hanya slogan saja, tanpa usaha dan ikhtiar. Semoga peran IPHI kecamatan Luhak Nan dua dapat dirasakan masyarakat dalam pembangunan umat beragama,”tutupnya.

(Zoelnasti)

KLIK DISINI UNTUK MELIHAT IKLAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini