Pucuk Adat Pasaman Siap Maju Sebagai Cabup Pasbar

0
143
Pucuk Adat Pasaman
Ajopasbar.andoranews.com : Pucuk Adat Pasaman siap maju sebagai Cabup Pasbar, hal tersebut terungkap saat sosok muda putra daerah Tuanku Jailani Alidinsyah, SM. MAk. yang saat ini selain memegang Pucuk Adat, ia juga sebagai anggota Badan Kehormatan Peradilan Adat, bertemu dengan beberapa tokoh Pasbar.

Jailani yang lahir di Simpang Empat pada 54 tahun yang silam, atau tepat 22 Oktober 1969 dari pasangan Alidinsyah Lubis Sutan Saidi dengan Martini ini menyatakan Siap Maju sebagai Bakal Calon Bupati Pasaman Barat tahun 2024 -2029.

Tuanku Jailani Daulat Yang Dipertuan Parit Batu pucuk Adat Pasaman, sebelumnya pada tahun 2016 hingga tahun 2022 juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Kerapatan Adat Minangkabau.

Selain nama Tuanku Jailani yang siap maju sebagai Balon Bupati, juga masih ada lagi sejumlah nama politisi dan Tokoh muda di Pasbar yang digadang-gadang bakal meramaikan perhelatan Pilkada Pasaman Barat yang akan digelar serentak pada tahun 2024 mendatang.

Tak terkecuali Tuanku Jailani, sebagai Pucuk Adat Pasaman, akhir-akhir ini gencar disebut-sebut untuk ikut pencalonan Pilkada Pasbar 2024,
apa lagi Sosok Muda Putra Daerah Pasbar ini menyatakan, siap maju sebagai bakal calon Bupati Pasbar di Pilkada 2024.PUCUK ADAT PASAMAN

Demikian juga pada setiap kesempatan
Tuanku Jailani Alidinsyah Pucuk Adat Pasaman Daulat Yang Dipertuan Parit Batu selalu menyambangi kediaman beberapa tokoh Pasaman Barat.

Kali ini, Kamis malam (19/10/2023) Jailani mengunjungi dan sekaligus bersilaturahmi dengan mantan Bupati Pasaman Barat (Pasbar), langsung ke rumah H. Yulianto yang berada di Kejorongan Bandarejo, Kecamatan Pasaman.

Sebelumnya pada Rabu malam, 27 September 2023 malam, Tuanku Jailani Alidinsyah Pucuk Adat Pasaman Daulat Yang Dipertuan Parit Batu juga menghadiri pertemuan dengan sejumlah tokoh pemekaran Kabupaten Pasbar di Rumah Makan Bernama, Jambak, Kecamatan Pasaman.

Dalam pertemuan tersebut juga terlihat hadir, H. Zambri, dan Jasman Malik serta Afrizal Teri selaku mantan anggota DPRD Kabupaten Pasbar
termasuk beberapa tokoh pemekaran Kabupaten Pasbar lainnya.

Bahkan Tuanku Jailani Alidinsyah Daulat Yang diPertuan Parit Batu Pucuk Adat Pasaman dan beberapa tokoh masyarakat lainnya sempat bersilaturahmi langsung ke rumah Tokoh dan pemuka adat Kinali, Tuanku Asrul Yang Dipertuan Kinali di Kinali pada Jum’at, 13 Oktober 2023 malam.

Pada kesempatan itu,Tuanku Asrul Yang Dipertuan Kinali menyatakan dukungan kepada Daulat Parit Batu, Tuanku Jailani Alidinsyah untuk maju sebagai calon Bupati Pasaman Barat (Pasbar) periode 2024-2029 mendatang.PUCUK ADAT PASAMAN

Menurutnya, Sudah saatnya tokoh muda asli putra daerah layak memperoleh kesempatan memimpin kabupaten Pasbar, apa lagi ia memiliki kedekatan emosional, kultural serta memahami kondisi masyarakat lokal.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh sejumlah tokoh Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).

Pernyataan dukungan tersebut disampaikan kepada Tuanku Jailani Alidinsyah Pucuk Adat Pasaman Yang Dipertuan Parik Batu untuk maju sebagai calon Bupati Pasaman Barat (Pasbar) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang.

Pernyataan para Tokoh Kajai yang diwakili oleh Dt. Bagindo Sati, Enda Lisman tersebut disampaikan saat berlangsung pertemuan dikediaman mas Hendi di Limpato Kajai.

Mereka menilai, sosok Daulat Parit Batu (Jailani) dengan ketokohan dan wawasan yang dimiliki selama ini, dirasa sudah layak membawa kemajuan dan perubahan Kabupaten Pasbar yang lebih baik ke depannya.PUCUK ADAT PASAMAN

Para tokoh tersebut menilai, sosok Tuanku Jailani yang beraktifitas sebagai pucuk pimpinan adat minang di wilayah Dipertuan Parit Batu Pucuk Adat Pasaman memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat di Pasaman Barat.

Jailani Alidinsyah Pucuk Adat Pasaman Yang Dipertuan Parik Batu sebagai putra daerah yang sukses ini, kesehariannya terlihat selalu didampingi oleh istrinya, Yone Asmara.

Mahligai rumah tangga yang mereka jalin selama ini telah dikaruniai tiga orang anak masing-masing, Kevin Dio Justian, SE. dan Mahadia Gandhi serta Lucky Justin.

Menurut Dt. Bagindo Sati, Enda Lisman, dalam persiapan menghadapi pilkada 2024 tersebut, sudah seharusnya Masyarakat harus kompak untuk mendukung tokoh muda asli putra daerah yang telah menyatakan siap maju sebagai bakal calon Bupati Pasbar di Pilkada 2024 nanti.

Sosok tokoh muda yang santun ini, lahir dan besar memang di Simpang Empat, bahkan Pendidikan SD hingga SMA nya masih di Simpang Empat.

Namun begitu menamatkan pendidikan SMA nya di Simpang Empat Jailani melanjutkan pendidikannya ke salah satu akademi keuangan yang ada di Padang, selanjutnya melanjutkan studio S1nya ke Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi hingga ke Pasca Sarjana di Universitas Tanjung Pura Pontianak Kalimantan Barat.

Tuanku Jailani juga aktif bergerak pada bidang perkebunan yang telah digelutinya sejak 1995 hingga tahun 2020 sebagai Chief Clerk di Perusahaan Wilmar Group.
Bahkan dalam bidang usaha, Tuanku Jailani kini juga sebagai Direktur PT. Rajawali Citra Mahkota.

Makanya dengan telah memiliki banyak pengalaman baik dalam memimpin maupun sebagai pelaku usaha, tentu sudah saatnya sosok muda ini mengambil peran penting menjadi orang nomor satu Pasbar.

Ditambah lagi, selama ini sebagai petinggi Adat atau Pucuk Adat Pasaman, Daulat Yang Dipertuan Parit Batu, tentu sudah banyak dikenal oleh tokoh masyarakat, tokoh Adat maupun ninik mamak di Pasbar.

Dengan bekal pengalaman tersebut di atas, ditambah lagi sebagai putra asli kabupaten Pasbar, dirinya telah siap maju sebagai bakal calon Bupati Pasbar di Pilkada 2024 mendatang.

Tuanku Jailani Alidinsyah, SM. MAk. mengatakan, dirinya paham betul apa masalah yang dihadapi masyarakat Pasbar saat ini, baik dalam aspek ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan maupun keamanan masyarakat, termasuk permasalahan yang hingga kini masih terus berlanjut, yaitu sengketa tanah dengan berbagai perusahaan perkebunan yang ada bumi tuah basamo ini.

Sehingga jika nantinya, dirinya bila mendapat amanah, atau rakyat memberikan kepercayaan kepadanya, ia bertekat untuk dapat langsung bekerja buat masyarakat Pasbar yang lebih baik.

“Mari kita mulai membangun Pasbar ini dengan sederhana dalam ucapan, namun hebat dalam tindakan,” ajaknya.

(Zoelnasti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini