Ribuan Santri se Pasaman Barat , Ikuti Apel Santri

0
250
Ribuan Santri
Pasaman Barat – Ribuan santri dari berbagai Pondok Pesantren (Ponpes) se Pasaman Barat, Minggu (22/10) mengikuti apel santri tingkat kabupaten di halaman Kantor Bupati, Simpang Empat Bertindak sebagai pembina apel Wakil Bupati, Risnawato.

Selain Wakil Bupati, apel akbar peringatan Hari Santri tahun 2023, juga diikuti Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Hendra Putra, Wakil Ketua DPRD, Daliyus K bersama beberapa orang anggota, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para Asisten, pengurus Forum Komunikasi Pimpinan Pondok Pesantren (FKPP), kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Camat se Pasaman Barat, pimpinan pondok pesantren.

Apel akbar peringatan Hari Santri tahun 2023, yang dilaksanakan hari ini (Minggu, 22 Oktober 2023) dilaksanakan serentak se Indonesia, mulai tingkat pusat, provinsi dan kabupaten atau kota, seperti Pasaman Barat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, menyampaikan, peringatan hari santri secara nasional digelar setiap tanggal 22 Oktober. Khusus tahun ini di Pasaman Barat dilaksanakan di halaman Kantor Bupati, Simpang Empat.

Dijelaskan, peringatan Hari Santri, seperti tahun ini merupakan, momen nasional dalam rangka memperkuat eksistensi pondok pesantren dengan seluruh elemen yang berada di dalamnya. Sehingga keberadaan pondok pesantren makin maju, berkembang dan sejajar dengan lembaga pendidikan sederajat yang lain.

Semenjak beberapa tahun terakhir, ingat kepala kantor, di Pasaman Barat telah dilaksanakan beberapa lomba dan pertandingan. Kegiatan ini dilakukan FKPP bekerjasama dengan pondok pesantren se Pasaman Barat, seperti Ponpes Subulussalam Simpang Empat untuk pertandingan olahraga futsal, dan cabang lomba dan pertandingan lain.

Untuk menunjang program pengembangan pondok, seperti di Pasaman Barat, Menteri Agama melalui tim teknis mengalokasikan sejumlah anggaran, yang dimanfaatkan untuk pembangunan usaha kreatif di pesantren yang bersangkutan, seperti Al-Kahfi Mart di Ponpes Al-Kahfi Pasaman Barat, Mu’allimin Mart di komplek Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading, dan sebagainya.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, melalui sambutan dibacakan Wakil Bupati, Risnawato, menyampaikan, Menteri Agama telah merilis pedoman pelaksanaan peringatan Hari Santri Nasional 2023 secara nasional, seperti yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Pasaman Barat, Simpang Empat hari ini.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor SE.10 Tahun 2023 tentang Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Santri 2023, untuk tingkat nasional dilaksanakan di Tugu Pahlawan Kota Surabaya, Jawa Timur, dengan Inspektur Apel Hari Santri Presiden, Joko Widodo

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, jelas Risnawato, bahwa jihad sekarang bukanlah mengangkat senjata dan pergi berperang melawan musuh. Jihad yang harus disikapi dan dilaksanakan saat ini, pengembangan intelektual untuk membangun bangsa dan negara, sesuai bidang serta kemampuan yang ada pada masing-masingnya.

Plt. Kasi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Pakis) Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Suharjo, menyampaikan, usai apel akbar tingkat kabupaten, juga di halaman kantor bupati dilaksanakan penampilan bakat santri dari beberapa pesantren di Pasaman Barat.

Ketua FKPP Pasaman Barat, Buya Busmel, menjelaskan, berhubung pada semarak Hari Santri saat ini, pihaknya juga melaksanakan beberapa cabang lomba dan pertandingan, untuk pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah kepada masing-masing pemenang, juga dilakukan hari ini. (gmz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini