Simak Standar Zakat Fitrah 2024 Bagi Masyarakat Pasaman Barat

0
14
Standar Zakat Fitrah
Pasaman Barat | AndoraNews : Standar zakat fitrah tahun 1445 atau 2024 untuk Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (15/3)pagi, ditetapkan. Penetapan standar zakat fitrah itu ditetapkan melalui rapat khusus di ruang kerja Kantor Kementerian Agama setempat, Simpang Empat.

Rapat yang dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, diikuti Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Pasaman Barat, diwakili Fakhrul Sani, Kabag Kesra Setda Pasaman Barat, Hartasani, Kasi Bimas (Bimbingan Masyarakat) Islam Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Ronaldi.

Selain itu, rapat khusus penetapan standar harga zakat fitrah dimaksud, juga diikuti Pengurus
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), diwakili, Murni W, unsur PD Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan pihak terkait yang lain.

Berdasarkan rapat khusus tersebut, maka ditetapkanlah standar harga zakat fitrah untuk Kabupaten Pasaman Barat, selanjutnya dibagi dalam tiga kategori. Tiga kategori itu adalah, Satu. Kategori satu (tertinggi) sebesar Rp. 50.000,. Dua. Kategori dua (sedang) Rp. 45.000, dan untuk kategori Tiga. Sebesar Rp. 37.000,.

Fakhrul Sani, dan Dinas PKUKM Pasaman Barat, menyampaikan, sebagai instansi pemerintah daerah yang di antara tugasnya, memantau kondisi dan standar harga kebutuhan pokok masyarakat di setiap pasar tradisional yang berbeda di Pasaman Barat, termasuk untuk harga beras.

Semenjak beberapa waktu terakhir, ulasnya, harga jual beli kebutuhan pokok di Pasaman Barat terjadi pluktuasi harga kebutuhan, termasuk beras. Dari perbedaan harga kebutuhan pokok itulah pihaknya secara jelas menyampaikan kondisi harga yang sekaligus dijadikan acuan dalam penetapan standar harga zakat fitrah tahun 1445 / 2024 di Pasaman Barat.

“Alhamdulillah rapat penentuan Zakat Fitrah yang dilaksanakan Penyelenggara Zakat Wakaf Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, dan dihadiri pihak terkait bisa menetapkan standar harga zakat fitrah untuk Kabupaten Pasaman Barat”, katanya.

Rapat tersebut juga memutuskan agar hasil keputusan rapat khusus penetapan standar harga zakat fitrah dimaksud diteruskan kepada Bupati Pasaman Barat, Samsuardi yang selanjutnya dikeluarkan surat edarannya, agar standar harga zakat fitrah ini diteruskan kepada masyarakat, untuk dilaksanakan. (gmz)

IKLAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini