Siswa MIN 1 Pasaman Barat, Ikut Kompetisi Robotik tingkat Provinsi

0
12
MIN
Pasaman Barat | AndoraNews : Empat siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Pasaman Barat, mulia Selasa (30/1) mengikuti kompetisi robotik tingkat Sumatera Barat di MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 1 Payakumbuh. Selama di arena kompetisi, empat siswa itu didampingi Kepala MIN 1 Pasaman Barat, Gustina dan seorang pelatih.

“Alhamdulillah di hari pertama kompetisi robotik antar siswa dari setiap kabupaten dan kota se Sumatera Barat, sudah masuk ke babak semi final”, terang Gustina, melalui akun WhatsApp (WA) dari arena kompetisi, Payakumbuh, Selasa siang.

Keempat peserta didik MIN 1 Pasaman Barat, sebagai duta Pasaman Barat sekaligus siswa MIN 1 Pasaman Barat adalah, Satu. Aniiqa Zaahiya Faiza, Dua. Azhiya Humayra, Tiga. Angelina Thomson, dan Empat. Zahi Baihaqi, jelas kepala MIN 1 Pasaman Barat itu, menguraikan.

Dijelaskan Gustina, lomba sekaligus sebagai kompetisi robotik antar siswa madrasah, seperti peserta didik tingkat MI (Madrasah Ibtidaiyah) se Sumatera Barat di MAN 1 Payakumbuh hari ini, merupakan robotic competition (MRC) secara nasional. Kegiatan ini telah dicangkan semenjak beberapa tahun yang lalu.

Robot Inovasi jenjang MI, MTs dan MA pertama kali membuat model robot. Untuk tingkat MI, model robotnya musti bisa menjawab tantangan atau persoalan yang ada di sekolahan/madrasah (Robots for School), jelas Gustina.

“Untuk tingkat MTs, model robotnya musti bisa menjawab tantangan atau persoalan rumah/home appliance (Robots for Household). Dan untuk tingkat MA, model robotnya harus bisa menjawab tantangan atau persoalan lingkungan (Robot for Environment)”, katanya.

Kedua, Mobile Robot untuk tingkat MI. Ketiga, Battle Robot untuk tingkat MTs dan MA (Madrasah Aliyah). Hal ini juga sebagai peluang bagi generasi muda Indonesia, dalam pengembangan teknologi robotik.

Harapannya, jelas Gustina adalah, agar terbuka jejaring baru antara siswa-siswi madrasah yang memiliki minat dan bakat di bidang robotika dengan praktisi dan akademisi robotika di perguruan tinggi, seperti di UNP (Universitas Negeri Padang) dan Universitas Andalas (Unand) Padang. (gmz)

IKLAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini