Siswa SMA Negeri 1 Lembah Melintang Ikuti Kegiatan Panen Karya Projek

0
228
SMA Negeri 1 Lembah Melintang
PASAMAN BARAT – Siswa SMA Negeri 1 Lembah melintang ikuti kegiatan Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa dalam ilmu pengetahuan, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Selain para siswa, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para wali murid dan komite sekolah serta koordinator acara pelatihan, Dra. Evilidia Ketaren, M.si.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Lembah Melintang, Ahmad Yanri S,Pd. M.M mengatakan, manfaat kegiatan P5 adalah untuk memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi peserta didik agar lebih aktif dan kreatif di dalam bidang ilmu pengetahuan.

Para siswa diberikan projects dan pelatihan berdasarkan tema yang di usung oleh koordinator acara dan pihak sekolah.

“Total ada enam tema yang kita angkat dalam kegiatan ini, semua tema memiliki projects dan tujuan masing-masing,” ujarnya.

Ahmad Yanri menambahkan, salah satu tema yang di angkat adalah pengembangan gaya hidup yang berkelanjutan. Para siswa kelas 10 di berikan bimbingan untuk membuat pupuk kompos dan pelatihan ecobrick untuk mengolah sampah plastik menjadi barang yang berguna dan memiliki nilai ekonomis.

“Tema lainnya adalah Kearifan Lokal, siswa diberikan pelatihan untuk membuat produk makanan khas daerah setempat. Dan Tema Kewirausahaan untuk membuat produk makanan dari olahan pisang, kedua tema tersebut juga untuk siswa kelas 10,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk siswa kelas 11 tema yang di angkat adalah Suara Demokrasi yang membimbing siswa untuk belajar dalam menghargai pendapat orang lain. Selanjutnya adalah Tema Bangunlah Jiwa Raga, siswa diajarkan membuat berbagai poster tentang bullying dengan menggunakan aplikasi Canva.

“Siswa dilatih oleh guru yang profesional untuk membuat sablon baju, terutama untuk pakaian sendiri dengan logo bullying. Dan Tema terakhir Bhineka Tunggal Ika yang mengajarkan siswa menampilkan tari seluruh indonesia dan Membuat Ornamen Aksesoris Baju daerah untuk kostum tari tersebut,” jelasnya.

Disamping itu, Wakil Ketua Komite Sekolah SMA Negeri 1 Lembah Melintang, Drs. Suhendi mengatakan, pihaknya sangat mendukung sekaligus mengapresiasi kegiatan P5 yang di adakan oleh pihak sekolah.

Ia berharap, kedepannya kegiatan itu dapat terus berlanjut dan di agendakan setiap tahun ajaran sekolah. Menurutnya kegiatan tersebut sangat bagus karena akan menambah pengalaman dan wawasan para siswa khususnya dalam ilmu pengetahuan.

“Kita sangat mendukung, semoga kegiatan ini terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan sekolah,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini