Tim Fakultas Syari’ah UIN IB Padang, Sosialisasi di MAN 5 Pasaman Barat

0
23
Fakultas Syari'ah
Pasaman Barat | AndoraNews : Tim Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Iman Bonjol Padang, Selasa (19/12) memberikan materi sosialisasi masuk perguruan tinggi bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Pasaman Barat di lembaga pendidikan itu, Simpang Empat.

Kunjungan Tim Fakultas Syari’ah (Faksyar) UIN Imam Bonjol Padang, yang dipimpin Ketua Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga, Dr. Afrinal Aliman, disambut Kepala MAN 5 Pasaman Barat, Yelliza Gusti, Pranata Humas Ahli Muda Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Gusmizar, dan Wakil Kepala (Waka) Bidang Kurikulum, Suroyo, dan Kaur Tata Usaha madrasah Aliyah Negeri itu, Yusmawati.

Kepala MAN 5 Pasaman Barat, Yelliza Gusti, pada kesempatan itu menyempatkan, walau saat ini kegiatan proses belajar dan mengajar di madrasah dipimpinnya berakhir, dan mulai Senin kemarin, berada dalam suatu libur semester. Namun, pihaknya tetap antusias menyambut kedatangan rombongan dari Tim Faksyar UIN Imam Bonjol Padang ke madrasahnya.

“Walau mulai hari Senin kemarin, siswa madrasah seperti di MAN 5 Pasaman Barat, berada dalam suasana liburan semester ganjil tahun pelajaran 2023-2024, napi pihaknya bersama sebagian peserta didik di madrasahnya komit dan secara bersama menyambut kedatangan Tim Faksyar UIN Imam Bonjol Padang di madrasahnya”, kata Yelliza Gusti.

Sebagai bukti kepedulian dan lebih mendekatkan diri para siswa, khusus kelas XII ke kampus UIN Imam Bonjol Padang, dan di kampus Universitas Andalas (Unand) Padang, beberapa hari yang lalu, pihaknya mengunjungi kampus UIN Imam Bonjol Padang dan di kampus Unand Padang, terang kepala MAN 5 Pasaman Barat itu.

Artinya, kehadiran Tim Faksyar UIN Imam Bonjol Padang ke madrasah yang dipimpinnya dengan menghadirkan sebagian peserta didiknya adalah, kegiatan ulangan, dari kunjungan ke kampus di Padang, beberapa waktu lalu.

Ketua Tim Faksyar UIN Imam Bonjol Padang, Afrinal Aliman, didampingi anggota tim, Sudirman, mengakui, secara umum, pihaknya yakin dan percaya, missi dari sosialisasi pihaknya ke madrasah, seperti di MAN 5 Pasaman Barat, pihak madrasah, seperti di MAN 5 Pasaman Barat, sudah mengetahui.

Namun, ulasnya, dalam rangka menindaklanjuti program kampus, khususnya Faksyar UIN Imam Bonjol Padang, pihaknya tetap kunjungi madrasah, seperti MAN 5 Pasbar di Simpang Empat. Hari Senin, kemarin, pihaknya memberikan sosialisasi ke MAN 3 Pasbar di Rambah, Kecamatan Kinali.

Usai di MAN 5 Pasaman Barat, kata Afrinal Aliman pihaknya berkunjung sekaligus memberikan materi sosialisasi ke MAN 1 Pasaman di Lubuk Sikaping. Di Faksyar UIN Imam Bonjol Padang, mahasiswa yang berasal dari Pasbar dan Kabupaten Pasaman, lumayan banyak.

Agar alumni MAN atau lembaga pendidikan yang sederajat bisa diterima dan tercatat sebagai mahasiswa di UIN Imam Bonjol Padang, maka ada tahapan yang dilakukan, yaitu, Pertama, secara nasional yakni dengan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN).dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN).

Kedua, secara lokal yakni melalui seleksi yang dilakukan oleh UIN Imam Bonjol Padang sendiri yang terdiri atas 4 jalur yaitu, Seleksi prestasi keagamaan, olahraga dan sains. Seleksi penerimaan Mahasiswa Asing, Seleksi Prestasi Akademik Diploma., dan
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Reguler Mandiri.

Di Faksyar UIN Imam Bonjol Padang, tambah Afrinal Aliman, terdapat empat program studi, yang secara keseluruhan memiliki potensi dan masa depan masing-masing. Empat Prodi itu adalah, Hukum Keluarga, Perbankan Syari’ah, Ekonomi Islam, dan Perbandingan Mazhab.

KLIK DISINI UNTUK MELIHAT IKLAN

(gmz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini