Perayaan Natal di Pasaman Barat, Khitmat dan Kondusif

0
23
Perayaan Natal
Pasaman Barat | AndoraNews : Perayaan natal, diawali Misa Malam Natal di beberapa gereja se Pasaman Barat berjalan khitmat dan lancar. Ribuan umat kristiani se Pasaman Barat hadir dan menjalankan ibadah.

Pada misa malam natal hari Minggu malam, prosesinya dimulai sekitar pukul 19.00 Wib di sejumlah gereja yang dan tersebar di beberapa kecamatan se Pasaman Barat. Khusus di Gereja ST Yohanes Pembaptis Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo, ratusan jemaat menggelar ibadat dengan tenang, bahkan sejumlah jemaat terpaksa berada sekaligus beribadah di teras gereja.

Selain itu, sejumlah pemuda lintas agama sekitar bersama pihak keamanan, yang tergabung dalam PAM Nataru 2023-2024 Pasaman Barat, seperti dari PC Pemuda Panca Marga (PPM) SK Kemenkumham RI Pasbar berjaga di pos pengamanan yang berada di sekitar gereja bersangkutan.

Sementara itu, ratusan jemaat di gereja Katolik keluarga Kudus, Kampung II Mahakarya juga menggelar misa malam natal, dengan lancar, tertib dan aman. Serangkaian ibadahnya dilakukan dengan meriah termasuk penampilan drama dari anak-anak yang ditampilkan warga (jemaat) setempat.

“Tahun ini jumlah jemaat diperkirakan meningkat. Sekitar 700 jemaat hadir dan menjalankan setiap rangkaian ibadat misa malam Natal ini. Pada puncak ibadah natal yang dilaksanakan hari Senin, 25 Desember 2023 pagi, diperkirakan mencapai seribu lebih,” kata tokoh Gereja Katolik Keluarga Kudus, Bertholmeus Kefi, Senin siang.

Pada kesempatan yang sama, jemaat mengaku sangat aman, tertib dan nyaman, baik saat berada di dalam gereja maupun di luar atau sekitar gereja, melaksanakan ibadah. Karena toleransi antar umat beragama di Pasbar sangat tinggi dan sudah terpupuk sejak lama.

Selain itu, di lokasi perayaan misa malam Natal juga terlihat sejumlah petugas keamanan gabungan TNI dan Polri berjaga-jaga di sekitar lokasi serta pos pengamanan sehingga kegiatan itu berlangsung khidmat hingga selesai.(gmz)

KLIK DISINI UNTUK MELIHAT IKLAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini