Puluhan Ribu Masyarakat Pasbar Gelar Aksi Long March Untuk Palestina

0
114
Puluhan Ribu
Pasaman Barat | AndoraNews : Puluhan ribu Masyarakat Kabupaten Pasaman Barat Gelar Aksi Long March Untuk Palestina, kegiatan ini selain merupakan bentuk dukungan dari seluruh masyarakat Pasaman Barat dalam bentuk aksi solidaritas untuk Palestina Merdeka, juga di isi dengan penggalangan dana.

Aksi Long March dan penggalangan dana ini diawali dengan sholat Subuh berjama’ah dan dilanjutkan dengan sholat gaib berjama’ah di Masjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Baru Simpang Empat pada Hari Sabtu, (18/11/ 2023) sejak pukul 04.30 Wib.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Aliansi Masyarakat Pasaman Barat Peduli Palestina ini berlangsung sukses yang dihadiri puluhan ribu masyarakat Kabupaten Pasaman Barat dan didukung oleh seluruh Komandan Laskar Majelis Mujahidin Se Sumatera Barat termasuk seluruh para santri Pondok Pesantren, Siswa Siswi SMP/MTs, SMA/MAN yang ada di Pasbar.

Menurut Ketua Aliansi Masyarakat Pasaman Barat Peduli Palestina, H. Darmansyah, Lc Mi yang didampingi oleh Sekretarus, Drs. Mon Eferi,M.M.Si. Mengatakan, ini merupakan bagian adanya upaya dari berbagai elemen dan organisasi kemasyarakatan, maupun berbagai perkumpulan pengajian seperti wirit yassin, termasuk generasi muda, remaja Masjid , para musisi Seniman Pasbar, serta lintas para tokoh masyarakat yang ada di Pasbar, yang sebelumnya telah sepakat untuk menunjukkan dukungan dan perhatian Masyarakat terhadap perjuangan Muslim Palestina dari kebrutalan Zionisme Israel dan para sekutunya, dalam wadah Aliansi Masyarakat Pasaman Barat Peduli Palestina.

Sholat gaib untuk mengenang para korban konflik di Palestina di pimpin oleh Ketua MUI Pasaman Barat, Ustad Darmansyah, sementara doa dipimpin oleh Ustad Bulkaini.PULUHAN RIBU

Selanjutnya kegiatan di isi dengan tausiah, orasi, serta aksi penggalangan dana yang diharapkan dapat mengurangi beban penderitaan warga Palestina dan di tutup dengan Long Murch.

Wafriman, salah seorang warga yang juga terlibat sebagai panitia menyampaikan pada media ini,
Aksi solidaritas hari ini adalah merupakan bentuk kepedulian terhadap kemerdekaan rakyat Palestina dan sekaligus upaya mengecam keras aksi brutal penjajahan yang dilakukan Zionis Israel.

Saat penggalangan dana di halaman Masjid Agung berlangsung, yang juga dihadiri oleh Bupati Pasbar, Wakil Bupati Pasbar, Ketua DPRD Pasbar dan Porkompida Pasbar, terlihat bantuan terus mengalir dari sejumlah elemen masyarakat dan dari berbagai Ormas maupun dari perkumpulan umat Islam yang ada di berbagai daerah Kabupaten Pasaman Barat.

Ketua Aliansi Masyarakat Pasaman Barat Peduli Palestina, H. Darmansyah yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman Barat yang didampingi Sekretaris dan semua Ketua Ormas yang ada di Pasbar mengatakan, aksi ini merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas masyarakat Pasaman Barat terhadap saudara-saudara kita yang berada di Palestina.PULUHAN RIBU

H. Darmansyah menyampaikan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah meluangkan waktu dalam aksi solidaritas dan kepedulian untuk Palestina, semoga Allah membalas semua kebaikan masyarakat Pasbar yang terlibat dalam aksi ini.

“Kami juga mengucapkan Terima kasih kepada aeluruh petugas keamanan dari jajaran Polres Pasaman Barat, TNI Koramil 02/Simpang Empat Kodim 0305/Pasaman, termasuk Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan yang telah membantu pengawalan dan pengaturan lalu lintas di sekitar panggung aksi maupun saat di lokasi long Murch, sehingga kegiatan kita hari ini dapat berjalan dengan, tertib, lancar, aman dan berakhir dengan sukses,” Ucap Darmansyah.

Dikatakannya, Animo puluhan ribu masyarakat sudah mulai terlihat dan berkumpul sejak menjelang subuh di Masjid Agung Pasaman Baru, Simpang Empat Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, bahkan diramaikan dengan ribuan atribut dan spanduk termasuk poster, ditambah lagi kibaran bendera Palestina dan yel yel serta takbir sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap kemerdekaan rakyat Palestina.

Semangat dalam bentuk yel, yel dukungan terlihat semakin berkobar, bahkan bercampur rasa haru, hingga ada yang meneteskan air mata, saat massa mendengarkan berbagai orasi dari orator masing-masing perkumpulan dan Ormas yang mampu membakar semangat puluhan ribu massa yang hadir siang itu.PULUHAN RIBU

Akhirnya menjelang pukul 10.15 WIB orasi ditutup dengan kegiatan long march dari halaman masjid Agung menuju jalur 32 sambil memberikan semangat melalui yel, yel termasuk menyuarakan takbir, dan long Murch kembali berakhir di halaman Masjid Agung Pasaman Baru Simpang Empat.

Sekretaris Aliansi, Mon Eferi menyampaikan kepada Media ini, Total bantuan yang terkumpul dari aksi penggalangan dana masyarakat Pasaman Barat untuk warga Palestina hampir mencapai Rp300.000.000, yakni, Rp. 291.000.000 diperoleh cash langsung saat di lokasi penggalangan dana dan selebihnya diterima melalui rekening MUI Pasbar.

Menurut Mon Eferi, uang hasil penggalangan dana dari masyarakat Pasaman Barat tersebut, akan ditransfer langsung oleh MUI Pasbar ke rekening Duta Besar Palestina pada hari Senin,(20/11/2023) depan.

(Zoelnasti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini