Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat Pimpin kegiatan Rampchek

0
153
Sekretaris
Pasaman Barat | AndoraNews : Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat Pimpin kegiatan Rampchek, yang dilaksanakan di Terminal Simpang Empat selama dua hari yaitu dari tanggal 14 s/d 15 November 2023.

Menurut Kadis Perhubungan Bakaruddin melalui Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat Sukarni, AP. M.Si.hal itu dilaksanakan sesuai dengan Surat Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI terkait Angkatan Natal Tahun 2023.

Disamping itu juga instruksi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi agar jajarannya di seluruh Indonesia mempersiapkan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 dengan baik.

Menteri Perhubungan, melalui ini Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno saat Rakornis Bidang Perhubungan Darat, berpesan agar untuk tahun ini kegiatan yang bertema *Kolaborasi Kebijakan Untuk Transportasi Darat Yang Inklusif dan Berkelanjutan, harap dipersiapkan dengan baik.

“Skenario pengaturan lalu lintas harus dipersiapkan lebih baik, agar masyarakat yang pulang kampung atau berwisata tetap aman dan mendapatkan pelayanan yang maksimal,” terang Menhub saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat Tahun 2023 secara daring, Rabu (8/11/2023) lalu.

Menindaklanjuti dan menyikapi intruksi tersebut, Dinas perhubungan Pasaman Barat melakukan kegiatan Rampchek di Terminal Simpang Empat selama dua hari yaitu dari tanggal 14 s/d 15 November 2023.SEKRETARIS

Demikian disampaikan oleh, Kadis Perhubungan, Bakaruddin melalui Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat Sukarni, AP. M.Si.

Menurutnya, pada kegiatan Rampchek tersebut perlu dilakukan pengawasan pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan melalui inspeksi keselamatan LLAI (RampCheck) terhadap angkutan umum secara serentak di seluruh Indonesia pada periode angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sukarni menjelaskan, kegiataan RampCheck ini selain merupakan tindaklanjut dari intruksi Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI. juga untuk dapat melakukan persiapan awal inspeksi keselamatan LLAJ (RampCheck) pada armada bus penumpang umum dan bus pariwisata di lokasi terminal dan/atau PO Bus yang berdomisili sesuai kewenangan wilayah kerja masing-masing.

“Itulah makanya Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan kegiatan RampCheck ini selama dua hari yaitu dari tanggal 14 s/d 15 November 2023, RampCheck ini juga bertujuan sebagai identifikasi awal terhadap penyebab kecelakaan lalu lintas, sehingga kita bisa memastikan kendaraan yang melayani penumpang dalam kondisi laik jalan,” Sukarni.SEKRETARIS

Diterangkan Sukarni lagi, dalam kegiataan RampChek tersebut petugas akan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang meliputi, Adminstrasi yakni, Bukti lulus uji (Keur), Kartu pengawas izin operasional, Sim dan STNK. sedangkan Unsur teknis utama yakni, Sistem penerangaan, Sistem pengereman Kondisi kaca depan, Ban dan sabuk keselamataan, sementara untuk Unsur teknis penunjang meliputi, pengukur kecepataan, Spion, Wiper, Klakson, Kapasitas tempat duduk, Perlengkapaan kendaraan, Perlengkapaan tanggap darurat.

Dikatakannya, bagi kendaraan yang telah dinyatakan lulus uji berdasarkan hasil pemeriksaan oleh petugas
maka pada kendaraan tersebut akan dipasangkan stiker RampCheck, sedangkan bagi kendaraan yang dinyatakan belum lulus pemeriksaan sesual standar kriteria teknis yang telah ditetapkan, diminta kepada pengemudi dan
pemilik kendaraan untuk segera melengkapi termasuk memperbaiki berdasarkan temuan dan rekomendasi petugas.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat Sukarni, AP. M.Si. dan seluruh Jajaran di Lingkungan Dinas Perhubungan beserta seluruh Unit Pelaksana Teknis lapangan.

(Zoelnasti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini