Pecatur Pasbar Safri Wakili Sumbar untuk Mengikuti Porwil di Riau

0
47
Pecatur
Pasaman Barat | AndoraNews : Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumbar, Saparudin mengatakan seorang pecatur bernama Safri asal daerah itu berhasil lolos untuk kategori Putra yang akan mewakili Sumbar.

Perang bintang terjadi di ajang Kejurda antar pecatur di Provinsi Sumbar dalam Pra-Kualifikasi PON sebelumnya. Selain Safri ada empat orang lainnya yang juga lolos untuk mengikuti Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) yang akan di Pekanbaru, pada November 2023 mendatang.

“Hasil kejurda tersebut, menunjukkan Pasaman Barat ternyata memiliki pecatur handal yang menjadi perhitungan di tingkat Provinsi Sumatera Barat,” kata Ketua Saparudin, Sabtu, 15 Oktober 2023 di Simpang Empat.

Dia menerangkan, Safri (pecatur Pasaman Barat) mampu meraih posisi ke empat dan lolos untuk mengikuti Porwil setelah keluar tujuh babak hasil akhir Kejurda Catur Sumbar.

Disamping itu, Saparudin juga memuji salah seorang pecatur muda Pasaman Barat yaitu Zikri. Meski dia (Zikri) tidak lolos seleksi untuk Porwil, namun sudah menunjukkan prestasi terbaiknya.

Zikri, ungkap Saparudin, mampu mengimbangi dan menahan pemain-pemain master dengan hasil berada pada ranking 14 dari 35 peserta.

“Selamat kepada saudara Safri, yang telah berhasil membawa nama baik Pasaman Barat masuk menjadi wakil Sumbar dengan lima orang pecatur lainnya ke ajang Porwil se-Sumatera,” ucap dia.

“Juga selamat kepada adinda Zikri yang berhasil meraih rangking 14, ini luar biasa. Dia mampu menahan pemain-pemain master. Saat ini, Alhamdulillah, Pasaman Barat telah menjadi daerah yang diperhitungkan di tingkat Provinsi Sumbar,” ungkap Saparudin menambahkan.

Sementara, Ketua KONI Pasaman Barat, Mondiharto mengatakan Kejurda yang dilaksanakan pada bulan September lalu merupakan ajang seleksi untuk atlet di daerah. Hasilnya akan dikirim ke Porwil di Riau untuk mewakili Sumbar.

Porwil se-Sumatera pada November mendatang di Riau itu adalah merupakan ajang babak prakualifikasi PON,” kata Mondiharto didampingi Sekretaris KONI Pasaman Barat, Iwan Suhandri baru-baru ini.

Untuk diketahui, perang bintang di Kejurda Catur Provinsi Sumbar tahun 2023 telah selesai dilaksanakan di Padang dari tanggal 8 sampai 10 September 2023 lalu. Kejurda Catur ini merupakan ajang seleksi daerah untuk memilih atlet terbaik guna diikut sertakan pada Porwil se-Sumatera pada November mendatang di Riau. (Zoelnasti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini