Kafilah MTQ Pasaman Barat, Dilepas Munuju Solok Selatan

0
58
Kafilah
Pasaman Barat | AndoraNews : 101 kafilah MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) dari Kabupaten Pasaman Barat, Minggu (10/12) dilepas Bupati, Hamsuardi, menuju Kabupaten Solok Selatan, selaku tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat tahun 2023.

“Dengan mengucapkan kalimat Bismillah dan mengharap ridho Allah SWT, hari ini, Minggu 10 Desember 2023, atas nama pribadi, pemerintah bersama masyarakat Pasaman Barat, dilepas kafilah MTQ Pasaman Barat menuju Kabupaten Solok Selatan”, kata Hamsuardi.

Acara melepas kafilah MTQ Pasaman Barat menuju Solok Selatan, dilaksanakan di halaman Rumah Dinas Bupati, Simpang Empat. Selain Bupati yang melepas kafilah, hadir pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Setia Bakti, kepal OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dan pihak terkait lain.

MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat tersebut, jelasnya, diselenggarakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Rimbo Tangah, Kecamatan Sangir, Solok Selatan. Selain kafilah Kabupaten Pasaman Barat, MTQ Nasional tingkat provinsi ini, diikuti kafilah dari setiap kabupaten dan kota se Sumatera Barat.

“Terima kasih kepada seluruh yang terlibat dalam rangka mengikuti lomba MTQ ini, mulai dari pembentukan kafilah, pelaksaan tc, sampai pemberangkatan ke Kabupaten Solok Selatan pada hari ini. Semoga hasil yang diperoleh dapat membanggakan Kabupaten Pasaman Barat. Ia juga meminta maaf apabila ada kekurangan fasilitas dari Pemda Pasbar,” ucap Hamsuardi.

Pemerintah Daerah Pasaman Barat, terang Hamsuardi, memberikan kepercayaan kepada kafilah dan official yang membawa nama baik daerah (Pasaman Barat) di kancah MTQ tingkat Sumatera Barat. Jika pada MTQ tingkat provinsi periode lalu, Pasaman Barat berhasil meraih 9 tingkat Sumatera Barat, pada MTQ tahun ini diharapkan meningkat.

Untuk mendapatkan harapan ini, tentu ada usaha yang sungguh sungguh, maksimal dan jangan lupa berdoa kepada Allah SWT. “Kita berharap hal yang sama terjadi di Kabupaten Solok Selatan nanti. Saya juga berharap kepada kita semua untuk menjaga kesehatan karena perbedaan cuaca di Solok Selatan dengan Pasaman Barat berbeda, tanamkan di hati kita harus berhasil,” harap Hamsuardi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, menjelaskan kafilah MTQ Pasaman Barat berjumlah 101 orang. Selain peserta sebanyak 45 orang, 25 orang pelatih, dan selainnya pendamping, dan masing-masingnya akan menjalankan tugas dan fungsinya dengan maksimal.

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pasaman Barat, Hartasani, melaporkan, sesuai jadwal yang disampaikan pihak LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Sumatera Barat, pembukaan MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat, digelar hari Senin, 11 Desember 2023 besok (hari ini-red).

Dari Pasaman Barat, mengutus sebanyak 101 dengan rincian 45 orang sebagai peserta, dan akan mengikuti setiap cabang yang dilombakan, sesuai golongan, kelas dan cabang lomba yang akan ditampilkan, jelas Kabag Kesra Setda Pasaman Barat itu.

Di antara cabang lomba yang ditampilkan selama kegiatan MTQ digelar, jelasnya adalah, cabang Tiawah, Tartil, Tahfiz, MKJ, 500 Hadis tanpa sanad putra dan putri, 100 hadis dengan sanad putra dan putri, Khutbah Jumat dan Azan, Fahmil Quran Putra dan Putri dan lainnya,” jelas Hartasani, mengakhiri. (gmz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini